Cek Kesiapan Pengamanan Jelang Pernikahan Kaesang-Erina, Panglima TNI: Ada Saja Kekurangan

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Solo, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

VIVA Nasional - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengecek kesiapan prajurit TNI yang bertugas menjaga keamanan selama berlangsungnya prosesi ngunduh mantu hingga resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Jawa Tengah. Andika menyampaikan dari hasil inspeksi masih ditemukan sejumlah kekurangan dalam pengamanan acara.

Aksi Prabowo Hujan-hujanan Pimpin Upacara Parade Senja: Anak Buah Basah, Pimpinan Harus Basah

Pantuan VIVA, Andika mengecek persiapan pasukan prajurit TNI mulai dari rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung yang menjadi tempat prosesi ngunduh mantu. Lalu, Pura Mangkunegaran sebagai tempat tasyakuran resepsi pernikahan Kaesang dan Erina pada Minggu, 11 Desember 2022, mendatang.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Solo, Jawa Tengah.

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq
Pengalaman Pimpin Solo, Gibran Diyakini Mampu Jalani Tugas Wapres dengan Baik

Andika mengatakan kedatangannya ke Solo untuk melakukan pemeriksaan langsung terhadap posisi gelar pasukan TNI yang bertugas mengamankan prosesi pernikahan tersebut. Sebab, pengamanan pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi itu melibatkan satuan TNI dan Polri yang berada di bawah komando gabungan terpadu pengamanan VVIP.

“Jadi, selain inspeksi juga sekaligus mengevaluasi. Ternyata dari hasil evaluasi ada saja kekurangan-kekurangan, misalnya saja kekurangan personel, ada kekurangan alat-alat deteksi seperti metal detector," kata Andika di sela-sela pengecekan pasukan di Solo, Kamis, 8 Desember 2022.

Masih Disorot Soal Naik Jet Pribadi, Kaesang Pangarep: Orang Nebeng Kok Dibilang Gratifikasi!

Dia bilang hal itu akan segera dipenuhi pada Jumat hari ini. Menurut dia, fokus pengamanan yang dilakukan personel gabungan itu di tempat-tempat yang dilalui VVIP seperti Presiden Jokowi. 

Dari rangkaian acara, selain prosesi ngunduh mantu di Loji Gandrung, kedua calon mempelai juga akan dikirab dengan kereta kencana dari rumah dinas tersebut menuju Pura Mangkunegaran. Rutenya nanti melintasi Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Diponegoro, Solo.

“Secara spesifik, kami lebih fokus ke yang tempat-tempat kegiatan maupun rute yang dilalui oleh VVIP, yaitu oleh presiden, wakil presiden dan keluarganya,” tutur Andika.

Pun, Andika menambahkan, terkait pengamanan prosesi pernikahan Kaesang dan Erina sudah direncanakan sejak tiga pekan lalu. Kata dia, Pangdam IV Diponegoro juga sudah beberapa kali melakukan paparan terkait perencanaan pengamanan. 

11 Anjing Ras K9 untuk pengamanan kirab dan resepsi Kaesang-Erina.

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

Dia menekankan, setelah paparan pengamanan, mulai hari dilakukan pengerahan pasukan sesuai dengan tugasnya di lapangan.

“Bapak Pangdam IV paparan ke saya di Jakarta. Kita koreksi diperbaiki lagi. Kembali paparan sampai tiga kali. Nah inilah saatnya dilakukan gelar pasukan mulai kemarin sore, di Jogja di gelar dan di Solo digelar," sebut Andika.

Lebih lanjut, Andika mengatakan pemeriksaan persiapan pengamanan tersebut bukan hanya di Solo. Tapi, juga kediaman calon mempelai perempuan. 

Andika mengatakan, dari pengecekan rumah di Sleman itu berlanjut hingga ke rute perjalanan calon kedua mempelai dari Yogyakrta hingga ke Solo.

“Dari Sleman masuk Klaten, Klaten masuk ke Boyolali, Boyolali ke Surakarta (Solo). Itu sepanjang rute juga saya temukan beberapa evaluasi, ada beberapa kekurangan personel kita hadirkan lagi sekitar 300 personel,” sebutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya