Anggota DPR: Populasi Orangutan Terus Terancam

Politikus PKB yang juga anggota Komisi IV DPR, Daniel Johan.
Sumber :
  • DPR RI

VIVA Nasional - Anggota Komisi IV DPR, Daniel Johan, mendorong Pemerintah  untuk meningkatkan upaya konservasi habitat orangutan di berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini penting mengingat luas hutan yang menjadi habitat primata terus berkurang.

Top Trending: Heboh Penampilan Terbaru Rizky Febian, Orangutan Raksasa di Kaltim, Aplikasi Si Montok

Ajak Masyarakat Selamatkan Orangutan

"Mari kita selamatkan dan jaga terus orangutan untuk ekosistem yang lebih baik," kata Daniel pada Sabtu, 20 Agustus 2022.

Heboh Penampakan Orangutan Raksasa Setinggi Rumah di Pedalaman Kalimantan Timur Bikin Geger

KPC berhasil pindahkan Orangutan ke hutan lindung.

Photo :
  • Dok. KPC

Habitat Sangat Terbatas

Hewan yang Bisa Mengenali Dirinya di Cermin

Dia mengatakan orangutan sebagai satwa endemik Indonesia yang unik dan ikonik harus terus dijaga. Apalagi, habibat kera besar tersebut sangat terbatas yakni hanya di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

“Saat ini populasi orangutan semakin terancam akibat pembukaan lahan yang berlebihan sehingga menimbulkan fragmentasi habitat orangutan,” katanya.

Baca juga: Hendak Ajak Selfie, Wanita ini Malah Dijambak Orang Utan

Tiga Spesies

Indonesia memiliki tiga spesies orangutan, yakni orangutan Sumatera (Pongo abelii), orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) dan orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis). Orangutan sendiri merupakan satwa yang dilindungi dalam hukum nasional berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Ilustrasi orangutan.

Photo :
  • Istimewa

Daniel pun menyoroti status ketiga spesies orangutan yang masuk dalam Daftar Merah Satwa Dunia yang Terancam dari International Union for the Conservation of Nature (IUCN). Padahal orangutan memiliki peran penting untuk menjaga regenerasi hutan, yakni sebagai penebar biji.

“Habitat orangutan semakin sempit karena kawasan hutan yang merupakan tempat tinggalnya dijadikan lahan kebun kelapa sawit, pertambangan dan ditebang secara liar,” kata Daniel.

“Tak jarang juga terjadi konflik dengan manusia sehingga orangutan dilukai bahkan dibunuh,” tambahnya.

Orangutan Borneo

Photo :
  • healthy food house

Minta Pemerintah Siapkan Tata Ruang

Untuk itu, legislator dari Dapil Kalimantan Barat ini meminta pemerintah menyiapkan Rencana Tata Ruang Berbasis Ekosistem di berbagai wilayah habitat orangutan. Dengan begitu, menurut Daniel, orangutan dapat lebih terlindungi.

Daniel pun mengimbau agar masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah habibat orangutan untuk dilibatkan dalam upaya menjaga keberlangsungan hidup orangutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya