Ninja Xpress Gandeng UMKM untuk Pengembangan Bisnis Tahun 2022
- VIVA / Andrew Tito (Jakarta)
VIVA – Ninja Xpress mendata adanya kenaikan pengiriman lebih dari 35% dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu dari program Customized solutions. Program ini diperkenalkan pada awal Ramadan tahun 2022 untuk menjadi salah satu faktor pendukung peningkatan volume adalah wujud Ninja Xpress dalam mengantarkan kesuksesan bagi UMKM lokal dengan memberikan solusi sesuai lini bisnis.
CMO Ninja Xpress, Andi Djoewarsa mangatakan dengan membaiknya perekonomian masyarakat usai pandemi Covid-19, pihak Ninja Express akan menggandeng UMKM berbagai produk untuk pengembangan Ninja Express itu sendiri dan juga UMKM yang bekerja sama.
”Seiring dengan tatanan normal baru dan mulai pulihnya aktivitas perekonomian, UKM/shipper dari berbagai lini bisnis telah mempercayakan inovasi pemasaran bisnis mereka kepada Ninja Xpress melalui customized solutions, agar terus bertumbuh. Keinginan untuk mendengarkan kebutuhan shipper dan memberikan solusi dari tantangan yang mereka hadapi membuat Ninja Xpress mencatatkan kenaikan jumlah pengiriman yang signifikan mencapai lebih dari 35% pada Ramadan tahun ini.” ujar Andi Senin 20 Juni 2022.
Meningkatnya perekonomian masyarakat usai pandemi covid-19 juga terdata dari Kementerian Koordinator Perekonomian yang mencatat kenaikan indeks belanja masyarakat Indonesia sebesar 31% dari level 159,9 pada Ramadan 2021 ke level 179,4 pada Ramadan 2022.
Sementara untuk divisi, pengiriman Ninja Xpress pada Ramadan 2022, hingga kini masih didominasi oleh kategori produk fashion seperti pakaian, sepatu, tas, kemudian kosmetik, perawatan diri, perlengkapan rumah tangga dan obat suplemen/herbal.
Kemudian Shipper atau UMKM dari provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta masih menjadi daerah pengiriman terbanyak sejak tahun 2020. Sementara itu provinsi yang menjadi daerah tujuan pengiriman terbanyak adalah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten.
Inisiatif customized solutions berawal dari komitmen Ninja Xpress yang mendengarkan kebutuhan setiap shipper dari lini bisnis berbeda yang ternyata mengalami tantangan pemasaran berbeda-beda pula.
Shipper dapat memanfaatkan layanan ini untuk koreksi kembali potensi bisnis dan pasar, keunggulan produk, tantangan dan tingkat kematangan bisnis untuk menemukan strategi pemasaran yang paling tepat. .
Ninja Xpress menyediakan layanan Customized Solutions melalui Creative Business Solutions di antaranya dengan memberikan fasilitas Paid Ads, Videotron, dan Media Partnership untuk dukungan iklan offline dan online, kolaborasi bersama Macro Influencer/KOL untuk program Live Selling, Bazaar Booth activity dalam penyelenggaraan events, pengambilan foto dan video produk secara profesional di Creative Hub, hingga layanan konten media sosial.
Untuk memastikan shipper mendapatkan kemudahan dan kenyamanan penyelesaian masalah yang bebas drama, Customer Care Ninja Xpress memberikan respons cepat atau tanggapan balik selama 30 detik melalui telepon, 3 menit melalui platform chat, 2 jam melalui email, dan maksimal 2x24 jam setiap hari.
Tidak hanya itu, Ninja Xpress juga akan selalu berusaha menghadirkan Resolusi Tepat bagi setiap kebutuhan shipper ataupun konsumen. Semua dukungan tersebut diberikan secara gratis kepada UKM yang tergabung di dalam ekosistem Ninja Xpress ataupun yang baru mendaftar melalui selalusiap.ninjaxpress.id.