Saat Sandiaga Kagum UMKM Bisa Buka Lapangan Pekerjaan Bagi Kaum Dhuafa

Menparekraf Sandiaga Uno (kiri)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno kagum dengan Nurhayati (52), salah satu pelaku UMKM penghasil produk kriya. Pasalnya, Nurhayati mampu mengajak kaum dhuafa untuk membuat kriya yang memiliki nilai jual.

Cara BRI agar Tak Salah Hapus Utang UMKM Petani hingga Nelayan yang Ditetapkan Pemerintah

Bermula ketika Nurhayati menjelaskan tentang produk kriya berupa lukisan bakar kayu kepada Sandiaga Uno saat workshop Kabupaten Kota (KaTa) di Kota Tangerang Selatan, Banten. Di situ, Nurhayati menjelaskan pembuatan produk kriya bersama kaum dhuafa dengan alat yang terbatas. Nurhayati mengaku kerap meminjam alat ukir berupa pulpen listrik ke rekannya. 

"Dhuafa, MasyaAllah," kata Sandiaga ketika mendengar penjelasan Nurhayati di Resto Kampoeng Anggrek, Jl. Raya Victor, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Selasa, 7 Juni 2022.

Ini Rahasia Menghadirkan Rasa Creamy Tanpa Mengorbankan Rasa Asli Minuman

Nurhayati juga memaparkan produk kriyanya telah menjadi bagian dari Moto GP Mandalika 2022 lalu. Di mana produk Nurhayati terdaftar sebagai merchandise di ajang internasional tersebut.

Sandiaga kemudian meresponnya dengan memberikan bantuan modal. Bantuan itu dapat menambah alat pendukung dalam pembuatan produk lukisan bakar di atas kayu. 

Kualitas Aset Semakin Baik, Intip Strategi BRI Turunkan Rasio Kredit Bermasalah

"Saya punya solusi buat ibu. Kita berikan bantuan kepada ibu Nurhayati dan dhuaart. Bantuannya yaitu alat-alat yang sudah disiapkan. Bukan cuma alat yang diperlukan tapi juga uang modal," ucap Sandiaga.

"Modal ini juga untuk membuka lapangan kerja ya bu. Karena banyak sekali masyarakat yang membutuhkan lapangan pekerjaan terutama dari kaum dhuafa," sambungnya.

Baca juga: Tiket Masuk Borobudur Rp750 Ribu, Sandiaga: Jaga Kelangsungan Candi

Ilustrasi Live Shopping

11.11 Big Sale Dorong Peningkatan Produk Terjual Hingga 7,5 Kali Lipat di Shopee Live

Pemanfaatan fitur interaktif ini di kampanye 11.11 membuat mitra brand lokal di kategori Pakaian Pria, yakni Tenue de Attire merasakan antusiasme luar biasa dari pengguna

img_title
VIVA.co.id
14 November 2024