Dugaan Penyebab Sungai di Bandung Barat Berwarna Merah

Sungai Berwarna Merah Darah di Bandung Barat
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Warga di Desa Tagog Apu Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) Jawa Barat menyoroti terjadinya perubahan warna air di aliran Sungai Cimeta. Menurut keterangan, aliran Sungai Cimeta terlihat berubah warna menjadi merah sejak pagi.

Ugal-ugalan, Pabrik Kertas di Sidoarjo Diduga Cemari Sungai yang Jadi Bahan Baku PDAM

Dansektor 9 Citarum Harum, Kolonel Ahmad Yani. Menurutnya, dari pemeriksaan saksi di lapangan menerangkan bahwa perubahan karena diduga terkontaminasi limbah berbentuk serbuk.

"Anggota saya sedang di lokasi mengecek. Dari informasi di lapangan, warga melihat ada orang yang belum diketahui identitasnya membuang sampah di pinggir jalan," ujarnya, Senin 30 Mei 2022.

Heboh, Buaya Serbu Kota di India Setelah Banjir Sungai

Ahmad memastikan kejadian tersebut ditindaklanjuti untuk diselidiki. "Salah satu warga membuang ke sungai, jejaknya masih diselidiki seperti serbuk yang tercecer di pinggir jalan," katanya.

Ahmad menduga perubahan sungai Cimeta tercemar bukan oleh limbah. "Kemungkinan besar bukan, karena serbuk yang di dapatkan di pinggir jalan setelah dimasukkan dalam botol dan dicampur air warnanya sama yang ngalir ke Sungai," katanya.

"Tapi ini masih dalam penyelidikan Anggota Sektor dan Pol di lapangan. Satgas Citarum tetap menyelidiki, dan memantau kalau ada perusahaan yg buang limbah di Sungai. Namun temuan sementara di lapangan seperti penjelasan di atas," tambahnya.

Ide Ridwan Kamil Bangun Hunian di Jakarta dengan Kondisi Keterbatasan Lahan

Baca juga: Viral! Air Sungai Mendadak Berwarna Merah Darah di Bandung

Basarnas Medan melakukan pencarian dan evakuasi jasad M Ikbal.(istimewa/VIVA)

Remaja di Medan Lompat ke Sungai saat Dikejar Polisi Berujung Tewas

Seorang pria bernama M Ikbal (17) loncat ke Sungai Alur Belawan, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan saat dikejar polisi, Jumat, 13 September 2024.

img_title
VIVA.co.id
14 September 2024