Punya Keluhan Saat Libur Lebaran di Yogyakarta, Hubungi Nomor Ini
- ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
VIVA - Pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan nomor aduan bagi wisatawan yang mendapatkan kejadian maupun pelayanan tidak memuaskan selama berada di area wisata di Yogyakarta. Melalui nomor 081138701777, wisatawan dapat menyampaikan aduannya.
Punya Kanal Resmi
Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, mengatakan Pemkot Yogyakarta sebenarnya sudah memunyai kanal resmi bagi wisatawan yang mengadu saat mendapatkan pelayanan tak memuaskan. Hanya saja kanal aduan ini dinilai belum berjalan maksimal.
Wahyu mengakui memang ada beberapa kendala bagi wisatawan yang akan menyampaikan aduannya. Untuk memfasilitasi itu pihaknya membuat tim respons cepat.
"Ada beberapa kendala yang kadang menghalangi wisatawan dan pemudik memanfaatkan kanal ini. Atas saran Wakil Walikota, tiap OPD membuat tim respons cepat," kata Wahyu dalam keterangannya, Sabtu, 30 April 2022.
Baca juga: Tak Mudik ke Solo, Jokowi Lebaran di Yogya
Respons Cepat
Wahyu merinci tim respons cepat yang dibentuk ini mempunyai tugas khusus untuk merespons dengan cepat aduan dan keluhan wisatawan yang masuk.
"Kami sudah dapat nomor cantik kami, dengan nomor 081138701777. Wisatawan bisa menyampaikan informasi maupun aduan terkait kepariwisataan," kata Wahyu.
Wahyu menjabarkan nomor 081138701777 ini tak hanya diawasi Dinas Pariwisata saja namun juga dipantau bersama 28 OPD. Harapannya respons cepat bisa segera diberikan jika ada aduan dari masyarakat atau wisatawan.
Bisa Telpon Langsung
Wahyu menuturkan wisatawan tak hanya bisa memberikan keluhan melalui bentuk teks saja namun bisa juga menelepon langsung nomor tersebut.
"Ada layanan voice call, jadi ada operator yang menanggapi pertanyaan yang mungkin timbul dari kanal ini. Ini (aktif) 24 jam, kami berikan respons sementaranya 1x24 jam, kami meneruskan jika kewenangan ada di OPD lain dengan tempo 2x24 jam," kata Wahyu.