Mirip Restoran, Kota Bogor Buat Layanan Drive Thru Dukcapil

Layanan Drive Thru Dukcapil Kota Bogor
Sumber :
  • VIVA/ Muhammad AR

VIVA – Untuk mempermudah layanan masyarakat dalam mengurus dokumen, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor, Jawa Barat, melaunching layanan SOP dan layanan drive thru. Layaknya restoran, masyarakat yang menggunakan layanan ini cukup menunggu disebuah loket pemesanan, lalu petugas akan memberikan dokumen yang dibutuhkan.

Wamendagri Minta Pemda Waspada Kenaikan Harga Komoditas Jelang Nataru

Launching SOP dan layanan drive thru yang menjadi pertama dan satu-satunya di Indonesia itu, diresmikan langsung Wali Kota Bogor Bima Arya di Jalan Ahmad Adnawijaya, Kota Bogor, Jumat 26 November 2021. 

"Saya apresiasi yang dilakukan Disdukcapil dan terima kasih atas kerja kerasnya mudah-mudahan yang dilakukan betul-betul dirasakan sama warga," kata Bima Arya.

BPKH Gandeng Lulu Group Tingkatkan Layanan ke Jemaah Haji RI

Dulu Warga Ramai Laporkan Keluhan

Pada kesempatan itu, Bima menceritakan di Juli 2018 mendapat kiriman foto dari warga yang mengantri layanan Disdukcapil dari subuh dan mencapai satu kilometer. Dari kejadian itu, Disdukcapil melakukan reformasi birokrasi dengan mulai membenahi sistem, berkoordinasi dengan wilayah, membenahi peralatan dan meningkatkan SDM.

Taspen Pastikan Akses Layanan Maksimal Jangkau Wilayah Terluar Indonesia, Begini Caranya

"Saya lihat hari ini semuanya sudah jauh lebih membaik, ukurannya sederhana, dulu mayoritas DM IG atau WhatsApp dari warga urusan KTP, kalau sekarang hampir sudah tidak ada yang mengeluh soal pengurusan KTP," sebutnya.

Bima Arya menuturkan, tugas nomor satu Disdukcapil memang di pencatatan dan pelayanan yang saat ini sudah lebih mudah dan pencatatan sudah lebih baik. Namun tetap Dukcapil juga dibutuhkan dalam hal pembenahan data-data kependudukan sebagai dasar membuat kebijakan. Seperti data kemiskinan, kesehatan, UMKM dan lainnya.

"Contohnya di target vaksinasi di Kota Bogor 819 ribu orang, saat ini sudah mencapai 80 persen tapi setelah itu stuck dan disalib daerah lain dugaan saya mungkin ada persoalan di updating data," tegasnya.

Untuk itu, ia berharap Disdukcapil bisa terus berinovasi bukan saja mempercepat pelayanan, tapi juga mempermudah dan membahagiakan warga. Saat ini pelayanan drive thru lebih cepat hanya dalam hitungan menit sehingga tidak memakan waktu, mempermudah dan aman secara prokes karena tidak perlu turun.

"Ini drive thru yang pertama di Indonesia. Kita akan bagi ke temen wali kota yang lain mungkin ada yang tertarik untuk mengembangkan hal yang sama, kan bagus," katanya.

Layanan Drive Thru Arahan Wali Kota

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Sujatmiko Baliarto mengatakan, hadirnya layanan drive thru ini dalam rangka melaksanakan arahan Wali Kota Bogor yang ke depan apapun kebijakannya akan diikuti.

Sejauh ini sudah ada 40 kota/kabupaten yang datang ke Disdukcapil Kota Bogor, untuk belajar dan menjadi rujukan di Jawa Barat karena ini baru pertama di Indonesia.

"Pelayanan tidak lebih dari 10 menit dan bebas calo. Kami juga ada drive thru malam untuk karyawan yang pulang kerja dan ada piket Sabtu Minggu sehingga tetap bisa mengakses layanan di weekend," katanya.

Selain mempermudah masyarakat, layanan drive thru ini dapat meminimalisir penularan COVID-19. Sebab tidak hanya menerapkan protokol keseharan menggunakan masker, masyarakat juga dapat menjaga jarak dari kendaraannya sehingga terhindar dari banyak interaksi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya