Daerah yang Dibakar KKB di Papua Berdekatan dengan Kiwirok

Pembakaran sejumlah fasilitas umum di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin, 13 September 2021 diduga dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Lamek Taplo, pada Selasa, 14 September 2021, dilaporkan membakar lagi fasilitas umum (fasum) di Distrik Okhika, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Momen Kemerdekaan, BCA Kasih Bunga KPR hingga KKB Terendah Sepanjang Sejarah

"Memang benar ada laporan KKB kembali melakukan pembakaran, namun kini bergeser ke Okhika yang letaknya berdekatan dengan Kiwirok," kata Kepala Polda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri, di Jayapura, Selasa.

Dia membenarkan, berdasarkan laporan yang diterima, fasilitas umum yang dibakar KKB di antaranya puskesmas beserta rumah tenaga kesehatan, gedung SD dan SMP beserta rumah guru, dan balai kampung.

KKB Anak Buah Egianus Kogoya Ditangkap! Terlibat Aksi Pembunuhan hingga Pencurian Senjata

Belum dipastikan kondisi warga sipil termasuk guru dan tenaga kesehatan yang bertugas di wilayah itu, karena terbatasnya sarana komunikasi.

"Kami sudah minta Kapolres berkoordinasi dengan Bupati Pegunungan Bintang, agar diketahui kondisi terakhir di wilayah itu," kata Fakhiri.

KKB Perek Jelas Kogoya Jadi Dalang Pembunuhan Pilot di Papua, Ini Identitas 5 Anggotanya

Dia menyatakan, sebelumnya KKB pimpinan Lamek Taplo membakar dan memanah tenaga kesehatan yang bertugas di Kiwirok. Karena itu, polisi mengerahkan Satgas Nemangkawi untuk melakukan penegakan hukum, dan saat ini tim berada di Oksibil, ibu kota Kabupaten Pegunungan Bintang.

Selain itu, Polisi juga akan menambah perkuatan dari Brimob Polda Papua, namun belum dipastikan kapan diberangkatkan mengingat untuk mencapai Kiwirok hanya dapat dilakukan dengan menggunakan pesawat berbadan kecil atau berjalan kaki selama tiga hari dari Oksibil.

Yang pasti setelah Lapangan Terbang Kiwirok dinyatakan aman untuk penerbangan, maka pasukan akan langsung dikirim, kata Fakhiri. (ant)

OPM merilis video terbaru pilot Susi Air  Philip Mark Mehrtens

OPM Ajukan Proposal Skenario Pembebasan Pilot Susi Air, Satgas Polri: Mudah-mudahan Serius

KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya, menyebarluaskan informasi proposal di media sosial akan melakukan pembebasan terhadap Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens

img_title
VIVA.co.id
18 September 2024