Mantan Menteri Penerangan Harmoko Dimakamkan di TMP Kalibata

TMP Kalibata, Jaksel.
Sumber :
  • VIVA/Vicky Fajri

VIVA – Pemakaman mantan Menteri Penerangan RI era Presiden RI ke-2 Soeharto, Harmoko digelar secara tertutup di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin siang, 5 Juli 2021.

Mensesneg Pratikno Kenang Sering Tanya Kuntoro Mangkusubroto saat Penelitian

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus COVID-19. Prosesi pemakaman digelar secara kenegaraan dan dihadiri secara terbatas, yakni hanya pihak dari kerabat dan keluarga saja yang mengantarkan ke tempat perisitirahatan terakhir mantan Menteri Penerangan era Presiden ke-2 RI Soeharto, Harmoko.

Pantauan VIVA di lokasi, iring-iringan mobil jenazah almarhum Harmoko tiba di TMP Kalibata sekitar pukul 11.00 WIB. Sejumlah pejabat tampak hadir di antaranya Menkominfo Jhonny G Plate.serta mantan pejabat pun hadir di antaranya Akbar Tanjung.

Panglima TNI Usulkan Doni Monardo Jadi Pahlawan Nasional

Untuk diketahui sebelum dimakamkan, jenazah Harmoko berada di rumah duka RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Sebelumnya diberitakan, mantan Menteri Penerangan RI era Presiden RI ke-2 Soeharto, Harmoko, meninggal dunia. Ketua DPR/MPR 1997-1999 tersebut, menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Minggu malam, 4 Juli 2021.

Wasiat Bung Hatta, Menolak Dimakamkan di TMP Kalibata Serta Alasannya

"Innalillahi wa innailaihi rojiun telah meninggal dunia Bpk. H.Harmoko bin Asmoprawiro pada hari Minggu 4 Juli pada jam 20.22 WIB di RSPAD Gatot Subroto. Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau dan mohon doanya insya Allah beliau husnul khotimah," begitu pesan yang beredar.

Harmoko adalah seorang politikus dari Partai Golkar. Di era Presiden Soeharto, ia cukup lama menjabat sebagai Menteri Penerangan. Pria kelahiran 7 Februari 1939 itu juga pernah menjadi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Juga pernah menjadi Ketua DPR/MPR di akhir-akhir pemerintahan Presiden Soeharto, dan berlanjut hingga Presiden BJ Habibie.

Baca juga: Harmoko, Mantan Menteri Penerangan RI Meninggal Dunia

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, The Interview

Dikabarkan Bakal Jadi Menkeu, Budi Gunadi Jawab Pingin Jadi Menteri Penerangan

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin membuka suara tentang dia yang dikabarkan bakal menjadi menteri keuangan dalam kabinet pemerintahan baru.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024