Perjalan Harmoko Menteri Penerangan Era Soeharto

Harmoko eks Menteri Penerangan
Sumber :
  • Dok.Istimewa

VIVA – Harmoko Menteri Penerangan pada era Presiden Soeharto telah meninggal dunia pada Minggu 4 Juli 2021. Dia adalah Harmoko yang meninggal di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Kronologi Meninggalnya Wati Siregar Ibunda Sonny Septian, Sempat Operasi Sudah Seminggu di ICU

Semasa hidupnya Harmoko telah menjadi Menteri Penerangan RI pada era Orde Baru selama 3 periode berturut-turut yakni dari tahun 1983 hingga 1997. Selain itu, pria kelahiran 1939 ini juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar sejak tahun 1993 selama 5  tahun.

Sebelum terjun pada dunia politik, Harmoko merupakan seorang wartawan dan kartunis di Harian Merdeka dan Majalah Merdeka. Harmoko juga pernah menjadi Pemimpin Redaksi surat kabar berbahasa Jawa, Merdiko.

Penyesalan Mendalam Elma Theana di Akhir Hayat Ibunda

Harmoko dianggap bisa menerjemahkan gagasan-gagasan Soeharto kala itu, Bahkan, ia juga merupakan pelopor ide Kelompencapir yaitu Kelompok Pendengar, Pembaca, dan Pemirsa yang memiliki fungsi menyampaikan infomasi dari pemerintah ke publik.

Ketika pemilihan presiden tahun 1998, Presiden Soeharto sebetulnya berniat untuk mundur. Tapi, Harmoko mendukung untuk melanjutkan pemerintahan. Setelah kembali terpilih, ternyata gejolak krisis moneter semakin besar hingga terjadi kerusuhan pada Mei 1998.

Pemeran Ibu Song Hye di The Glory, Park Ji-ah, Tutup Usia Akibat Pendarahan Otak

Hingga Harmoko mengeluarkan keterangan pers dan meminta Presiden Soeharto untuk mundur dari jabatannya. “Demi persatuan dan kesatuan Bangsa pimpinan DPR baik Ketua maupun Wakil Ketua, mengharapkan presiden Soeharto mengundurkan diri secara arif dan bijaksana,” jelasnya.

Setelah tumbangnya Orba, dan lahirnya Era Reformasi nama Harmoko tak terdengar lagi dalam dunia perpolitikan Indonesia. Hingga akhirnya ia dikabarkan meninggal dunia pada Minggu 4 Juli 2021 di RSPAD Gatot Soebroto.

Sampul film G30s/PKI yang pernah menjadi tontonan wajib di Indonesia pada masa pemerintahan Orde Baru.

Dinilai Sebagai Alat Propaganda Soeharto, KontraS Minta Penayangan Film G30S/PKI Dihentikan

KontraS mengecam penayangan film Pengkhianatan G30S/PKI oleh sejumlah stasiun televisi, KontraS menilai film G30S/PKI alat propaganda Soeharto dan menyimpang dari sejarah

img_title
VIVA.co.id
30 September 2024