Respons Nakes Lansia di Medan Usai Disuntik Vaksin

Nakes Lansia disuntik vaksin COVID-19 di Medan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Para tenaga kesehatan (Nakes) berusia 60 tahun ke atas, yang bertugas di RSUP Haji Malik, Kota Medan menjalani program vaksinasi COVID-19 secara perdana, Senin 8 Febuari 2021. Total nakes lansia menjalani vaksin sebanyak empat orang.

Peringatan Hari Lansia Internasional Dimeriahkan dengan Cek Kesehatan Gratis

“Hari ini kita telah melakukan vaksinasi nakes umur lebih dari 60 tahun. Mari kita vaksinasi semua tenaga kesehatan, agar kita sebagai pelayan utama terhadap pasien bisa lebih aman, dan juga buat keluarga di rumah akan lebih aman,” ungkap Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K).

Baca juga: BPJS Kesehatan Surplus Rp18,7 Triliun pada 2020, Ini Penyebabnya

Jangan Tertipu! Waspada Penipuan Berkedok Lowongan Kerja Remote, Ini Ciri-Cirinya

Keempat nakes lansia itu, adalah Prof dr Hj Bidasari Lubis SpA(K) berusia 67 tahun, Prof dr Bachtiar Surya SpB-KBD (75 tahun), dr Zulfikar Lubis SpPK (K) (64 tahun), dan dr Zuhrial SpPD-KAI (63 tahun). Penyuntikan berlangsung bergantian di rumah sakit milik Kementerian Kesehatan RI itu.

Prof dr Hj Bidasari Lubis SpA(K) mengungkapkan vaksin dia ikuti tersebut, untuk mendukung Pemerintah Indonesia dengan tujuan menekan penyebaran COVID-19.

Kedekatan Trump dan Putin Bocor, Sering Teleponan hingga Kirim Alat Tes COVID-19

“Saya sudah divaksin, vaksin yang pertama, dan sampai saat ini, Alhamdulillah saya tidak merasakan gejala apapun. Insya Allah saya masih dilindungi Allah, untuk dapat vaksin yang kedua nanti,” tutur Prof Bidasari.

Prof Bidasari juga mengajak nakes lansia lainnya segera mendaftarkan diri untuk menerima vaksinasi COVID-19 di rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan ini.

Sebelumnya, RSUP HAM sendiri telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 tahap pertama pada 19-31 Januari 2021 yang diikuti sebanyak 2.304 nakes di rumah sakit terakreditasi Joint Commission International ini. Selain pegawai, sejumlah dokter PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) dan dokter coass yang sedang menempuh pendidikan kedokteran di RSUP HAM, serta sejumlah nakes dari luar juga turut menerima vaksin COVID-19 periode ini.

Vaksinasi COVID-19 tahap kedua juga telah dimulai sejak tanggal 2 Februari 2021, sesuai dengan prosedur setelah 14 hari mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 tahap pertama. Sementara, vaksinasi COVID-19 tahap kedua bagi lansia akan diberikan 28 hari kemudian setelah menerima suntikan vaksin tahap pertama.

Vaksinasi bersama ibu-ibu

Vaksin HFMD atau Flu Singapura Kini Hadir di Indonesia

"Penyakit HFMD adalah salah satu penyakit menular yang cukup berbahaya apabila tidak segera ditangani, tapi sekarang kita bisa tenang karena sudah ada vaksinnya

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2024