Kapolri Silaturahmi Organisasi Keagamaan, Sekjen PKS: Langkah Taktis

Kapolri Listyo Sigit Prabowo sambangi kantor DPP Rabithah Alawiyah
Sumber :
  • VIVA/Vicky Fajri

VIVA – Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboebakar Alhabsysi mengapresiasi langkah Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang langsung melakukan silaturahmi dengan pimpinan Nahdiatul Ulama, Muhammadylah hingga Rabithah Alawiyah usai dilantik Presiden Joko Widodo. 

Kata Kapolri Soal Adanya Dugaan Penyelewengan di Acara PON XXI Aceh-Sumut

“Saya lihat Kapolri ini sangat jeli, setelah bersilaturahmi ke NU dan Muhammadiyah, beliau silaturahim ke Rabithah Alawiyah,” kata Aboebakar melalui keterangan tertulis, Minggu, 31 Januari 2021 malam.

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI ini menambahkan, Jenderal Sigit mempunyai langkah taktis dan membaca dinamika masyarakat, terutama tokoh dan organisasi keagamaan.

Ingin Ditemui Megawati, Kapolri: Ibu Sayang dengan Anaknya

“Beliau bisa memetakan dengan baik bagaimana situasi sosiologis masyarakat Indonesia. Memilih untuk bersilaturahim ke Rabithah Alawiyah pada awal masa jabatannya adalah langkah yang cukup taktis,” ujarnya.

Anggota Komisi III DPR RI ini menjelaskan, Rabithah Alawiyah adalah ormas yang anggotanya dzurriyah atau keturunan Rasulullah sehingga banyak yang dihormati oleh masyarakat. “Ini menunjukkan Kapolri paham banget tokoh-tokoh yang menjadi kunci,” katanya.

Alasan Jokowi Kumpulkan Pejabat TNI-Polri di IKN: Mau Lihat Aslinya Langsung

Menurut Aboebakar, pesan yang disampaikan Jenderal Sigit saat bersilaturahmi dengan Rabithah Alawiyah sangat tepat. Dimana ia meminta agar Rabithah Alawiyah membantu supaya pesan Kamtibmas dari kepolisian bisa tersampaikan kepada umat dengan bahasa-bahasa yang mudah dipahami.

“Saya berharap langkah yang dilakukan Kapolri pada awal masa jabatannya ini akan mampu membawa sinergi antara ulama dan umara,” katanya.

Menurutnya dengan sinergi yang baik antara ulama dan umara maka akan dapat diberikan pelindungan, pengayoman, pelayanan kepada masyarakat. “Dengan demikian akan dapat dilaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat secara maksimal,” katanya.

Baca juga: Hujan Deras 3 Jam, Puluhan Rumah di Jombang Terendam Banjir

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto

Kapolri dan KPK Turun Tangan Usut Dugaan Penyelewengan PON 2024

Usut dugaan penyelewengan dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang berlangsung di Aceh-Sumut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turun tangan

img_title
VIVA.co.id
13 September 2024