Longsor di Sumedang, Basarnas Jabar: 16 Orang Meninggal Dunia

Evakuasi korban tanah longsor di Sumedang
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Badan SAR Nasional (Basarnas) Jawa Barat terus melakukan pencarian terhadap korban longsor di Perumahan Pondok Daud, Kampung Bojongkondamg, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Begini Kronologi Hilangnya Turis India Akibat Terseret Ombak Angel's Billabong Bali

Basarnas Jawa Barat mencatat sudah 16 orang yang ditemukan dalam proses pencarian bersama tim gabungan. Korban terakhir yang dievakuasi yaitu laki-laki bernama Kusnandar

"Hingga saat ini total jumlah korban yaitu 64 orang dengan rincian korban meninggal dunia sebanyak 16 orang, selamat sebanyak 25 orang dan dalam pencarian sebanyak 23 orang sesuai dengan laporan keluarga korban yang merasa kehilangan anggota keluarganya," ujar Kepala Basarnas Jawa Barat, Deden Ridwansyah dalam keterangan persnya, Selasa 12 Januari 2021.

Tragis! Satu Keluarga di Aceh Tewas Tertimbun Longsor

Tim SAR gabungan hari ini telah melakukan pencarian sejak pukul 08:00 WIB dengan membagi menjadi 3 sektor yaitu, sektor 1 di lokasi hajatan warga, sektor 2 di masjid Annur dan sektor 3 di lapangan voli. Diduga pada tiga sektor tersebut terdapat banyak korban yang masih tertimbun. Korban terakhir ditemukan Tim SAR gabungan di sektor 3.

"Korban terakhir yang dievakuasi yaitu korban laki-laki bernama Kusnandar yang dievakuasi pada pukul 09.55 WIB tadi pagi," katanya.

Banjir Dahsyat Landa Nepal, Ratusan Tewas dan Ribuan Orang Mengungsi

Sebelumnya, longsor terjadi di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang pada Sabtu 9 Januari 2021 sekitar pukul 16.45 WIB. Longsor susulan terjadi sekitar pukul 19.30 WIB yang menyebabkan lebih banyak korban tertimbun, karena pada saat itu banyak warga dan Tim SAR gabungan yang sedang melakukan evakuasi dan pendataan terhadap jumlah korban pada longsor pertama.

Baca juga: 26 Warga Cihanjuang Sumedang Masih Hilang Pasca Longsor

Jasad Turis India yang Terseret Ombak di Bali

Terseret Ombak saat Berfoto, Turis India Ditemukan Tewas di Bali

Seorang wisatawan asal India bernama Nilesh Mukhi (59) dilaporkan terseret ombak saat berfoto di lokasi wisata Angel's Billabong, Bali. Korban ditemukan tidak bernyawa.

img_title
VIVA.co.id
18 Oktober 2024