Ma'ruf Amin Minta Percepat Sertifikasi Halal Vaksin COVID-19

KH. Ma'ruf Amin (Foto/Twitter/KH.Maruf Amin)
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta agar produksi vaksin COVID-19 dan sertifikasi kehalalannya harus dipercepat. Mengingat, kata Wapres, mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam.

Sinergi Kemenag dan Kemenparekraf Percepat Sertifikasi Halal Produk Layanan Wisata

Hal itu diutarakan Ma'ruf saat menerima jajaran direksi PT Bio Farma lewat video conference dari kediaman resmi Wapres di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis 27 Agustus 2020.

"Saya minta seperti yang diminta oleh Presiden supaya lebih cepat (produksinya) karena situasi memang sangat membutuhkan," kata Ma'ruf.

Wajib Halal Oktober 2024, BPJPH Yakin Dorong Pengembangan Pariwisata Ramah Muslim di RI

Ma'ruf meminta pihak-pihak yang terkait dengan penerbitan sertifikasi halal vaksin COVID-19 untuk proaktif saling berkoordinasi agar sertifikasi halal dapat keluar sebelum vaksin diedarkan. Seperti LPPOM MUI, Komisi Fatwa MUI, dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama.

"Saya minta kepada LPPOM dan Komisi Fatwa MUI supaya ikut proaktif dan juga kepada Badan Penyelenggara Produk Halal jangan menunggu bola untuk vaksin ini jangan menunggu. Harus menjemput bola," ujar Ma'ruf.

mRNA: Vaksin Masa Depan dan Kunci Ketahanan Nasional?

Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) ini mengingatkan bahwa sertifikasi halal ini sangat penting. Dengan sertifikasi diharapkan tidak terjadi penolakan vaksinasi dari masyarakat karena ragu akan kehalalannya.

"Ini jangan jadi masalah. Jangan terjadi seperti vaksin Measles Rubella (MR) itu yang kemudian targetnya tidak tercapai," kata Ma'ruf. (art)

Baca juga: Ledakan Hebat di Deli Serdang, Empat Orang Tewas

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya