Puan Maharani Umumkan PDIP Usung Gibran-Teguh di Pilkada Solo 2020

Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – PDI Perjuangan resmi mengusung Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa sebagai pasangan calon Wali kota dan Wakil Wali Kota Solo pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Kaesang hingga Putri Akbar Tandjung Masuk Bursa Calon Wali Kota Solo Pengganti Gibran

Hal itu disampaikan saat DPP PDI Perjuangan mengumumkan nama-nama calon kepala daerah yang akan diusung dalam Pilkada Serentak 2020 secara virtual pada Jumat, 17 Juli 2020. Pengumuman langsung disaksikan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan ada 45 pasangan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan dalam Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020.

Diah Warih Ngobrol Akrab dengan Jokowi di Istana, Minta Restu Maju Pilkada Solo?

Menurut dia, agenda-agenda kepartaian tetap berjalan di tengah pandemi COVID-19 termasuk proses penjaringan terhadap calon kepala daerah untuk Pilkada 2020. Tentu, ini menjadi momentum yang sangat baik bagi seluruh kader PDI Perjuangan bersatu membantu rakyat.

"Sesuai arahan Ibu Ketua Umum, seluruh jajaran partai terus mengedepankan spirit kemanusiaan dan kerakyatan. Dalam konteks itu, maka seluruh pengumuman calon kepala daerah agar semua bergerak membantu rakyat," kata Hasto dikutip dari YouTube PDI Perjuangan.

Bukan Cagub atau Cawapres, Gibran Disarankan Matang Dulu Jadi Walkot Solo 2 Periode

Selanjutnya, pengumuman 45 nama calon kepala daerah dibacakan oleh Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani yang mendampingi Megawati Soekarnoputri. Dari 45 nama tersebut, ada nama putra Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Gibran Rakabuming Raka maju sebagai calon Wali Kota Surakarta, bersama Teguh Prakosa yang menjadi calon Wakil Wali Kota Surakarta. Keduanya merupakan kader PDI Perjuangan. Kemudian, Kabupaten Sukoharjo ada Etty Suryani diusung sebagai calon Bupati, bersama Agus Santosa sebagai calon Wakil Bupati Sukoharjo.

Selanjutnya, PDI Perjuangan juga mengusung Fadia Arafiq sebagai calon Bupati Pekalongan didampingi Riswadi menjadi calon Wakil Bupati Pekalongan, Jawa Tengah. Sementara, Kabupaten Purworejo mengusung Agustinus Susanto sebagai calon Bupati dengan Rahmad Kabuli Jarwinto sebagai calon Wakil Bupati Purworejo. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya