Dampak Abu Merapi, Penutupan Bandara Adi Soemarmo Diperpanjang

Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVAnews/ Fajar Sodik.

VIVAnews - Penutupan Bandara Adi Soemarmo yang terletak di Boyolali Jawa tengah, diperpanjang hingga pukul 15.30 WIB. Padahal rencana awal penutupan hanya dilakukan selama satu jam setelah landasan pacu diguyur hujan abu erupsi Gunung Merapi.

Guguran Lava Meluncur 42 Kali dari Gunung Merapi Sejauh 1,6 Kilometer

Humas Bandara Adi Soemarmo, Danar Dewi, mengatakan penutupan bandara awalnya dilakukan pada pukul 09.10 hingga 10.10 WIB. Hanya saja pada siang ini penutupan bandara kembali diperpanjang pada pukul 13.30 WIB.

"Close diperpanjang dari pukul 13.30 hingga 15.30 WIB," kata dia, Selasa, 3 Maret 2020.

Momen Pesawat Pertama Mendarat di Bandara IKN

Sedangkan sebelumnya juga telah memperpanjang waktu penutupan dari seharusnya pukul 10.10 WIB menjadi pukul 11.30 WIB. Akibat penutupan itu sejumlah jadwal penerbangan pun dibatalkan.

"Pesawat terdampak JT537 route SPC-CGK (on ground PS04), GA222 route CGK-SOC cancel dan Air Asia QZ8454 router DPS-SOC cancel," katanya.

Berdasi Biru, Prabowo Hadiri Penutupan Kongres ke-6 PAN

Penutupan aktivitas penerbangan di bandara itu lantaran bagian landasan pacu terkena guyuran hujan abu vulkanik. Hal ini berdasarkan tes yang telah dilakukan di landasan pacu terkait ada tidaknya dampak hujan abu.

"Hasil tes positif, memang bagian runway terkena abu Merapi, jadi langsung close. Abu membahayakan ya kerena runway-nya tidak clear dan tidak clean jadi harus ditutup," kata dia.

Dirlantas Polda Sumut, Kombes Muji Ediyanto dan Kadishub Sumut, Agustinus saat meninjau lokasi di sekitar Stadion Utama Sumut.(dok Dishub Sumut)

Closing Ceremony PON 2024 di Sumut Terapkan Pengamanan Sistem Tiga Ring

Closing Ceremony PON 2024 di Sumut, Terapkan Pengamanan Sistem Tiga Ring

img_title
VIVA.co.id
13 September 2024