Aceh Siapkan 2 Rumah Sakit Rujukan Tangani Virus Corona

Virus Corona mewabah mulai dari Kota Wuhan di China.
Sumber :
  • Video BBC.co.uk

VIVA – Pemerintah Aceh menyiapkan Rumah Sakit Zainoel Abidin di Banda Aceh dan Rumah Sakit Cut Mutia di Aceh Utara, sebagai rumah sakit rujukan untuk penanganan kasus virus corona. 

Update COVID-19 Nasional 9 September 2021: Kasus Positif Tambah 5.990

Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif, mengatakan dua rumah sakit itu memang dipersiapkan Pemerintah Aceh atas arahan dari Kementerian Kesehatan Indonesia. Kedua rumah sakit itu memang menjadi rujukan, bahkan sejak heboh menyebarnya virus flu burung beberapa tahun lalu.

"Kalau ada yang terindikasi setelah di-screening kita tunjuk untuk penanganan di dua rumah sakit ini. SOP penanganan juga telah ada di sana," kata Hanif, Senin, 27 Januari 2020.

Update COVID-19 Nasional 6 Mei 2021: Kasus Sembuh Tambah 5.440

Hanif mengatakan, petugas Kesehatan Pelabuhan di Bandara Sultan Iskandar Muda Blangbintang juga bakal melakukan screening bagi penumpang pesawat yang terbang dari luar negeri, khususnya mereka yang terbang dari China. Maklum, virus corona mewabah dari Wuhan, China.

Atas nama pemerintah Aceh, Hanif mengimbau masyarakat Aceh untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri, khususnya China jika tidak memiliki kepentingan. Jika pun terpaksa berangkat, Hanif mengimbau mereka menjaga kesehatan.

Update COVID-19 Nasional 22 Februari: Kasus Sembuh Tembus 1.096.994

"Kami mengimbau jangan terlalu takut (dengan virus ini). Alhamdulillah virus ini belum menyebar ke Indonesia. Tapi, kita tetap antisipasi jangan sampai kena ke daerah kita," kata dia.

Yang pasti, ujar Hanif, pihaknya akan terus berkomitmen untuk melindungi masyarakat Aceh, khususnya mereka yang tengah berada di daerah terdampak virus corona.
 

Seorang tenaga kesehatan di satu rumah sakit di Kota Bandung memperlihatkan botol vial berisi vaksin COVID-19 buatan Moderna.

Kasus COVID-19 RI 10 Oktober: Positif Tambah 894, Sembuh 1.548

Kasus positif COVID-19 terus memperlihatkan tren penurunan di Tanah Air dalam beberapa pekan terakhir.

img_title
VIVA.co.id
10 Oktober 2021