Longsor Kepung Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Longsor di Toraja.
Sumber :
  • Nurdin Amir/VIVAnews

VIVA – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Tana Toraja sejak 1 Januari 2020, mengakibatkan sejumlah beberapa wilayah di kabupaten itu mengalami bencana longsor.

Banjir Dahsyat Landa Nepal, Ratusan Tewas dan Ribuan Orang Mengungsi

Longsor terjadi di sejumlah titik, di antaranya Jalan poros Palian-Se'seng Kecamatan Bittuang, longsor di Palli Kelurahan Malimbong, Kecamatan Malimbong Balepe, dan longsor di Jalan poros Malimbong-Lemo Menduruk, Kecamatan Malimbong Balepe, Kabupaten Tana Toraja.

Kapolsek Saluputti Polres Tana Toraja, AKP Martinus Pararuk mengatakan, sejumlah anggota Bhabinkamtimas Polsek Saluputti Tana Toraja dibantu puluhan warga gotong royong mulai membersihkan material longsor yang menutupi akses jalan warga. Khususnya di daerah Kecamatan Bittuang Tana Toraja.

Penambang Emas Tertimbun Longsor di Solok: Tewas 15, Hilang 25 Orang

"Kamis pagi, sekitar pukul 09.00 WITA, sekitar 30 orang warga masyarakat bersama dengan salah seorang anggota Bhabinkamtibmas Polsek Saluputti atas nama Brigadir Wahyu Zarty, lakukan gotong royong membersihkan material longsor yang menutupi jalan poros Palian-Se'seng Kecamatan Bittuang," kata Martinus Pararuk di Sulawesi Selatan dikutip Jumat, 3 Januari 2020. 

Warga melakukan gotong royong membersihkan material sehingga jalan bisa diakses oleh warga yang melintas. "Selama lebih kurang 3 jam proses pembersihan material longsor dilakukan, hasilnya adalah material longsor berupa bebatuan gunung, tanah dan serpihan pepohonan yang menutupi jalan poros Palian-Se'seng dapat dibersihkan, akses jalan sudah dapat dilalui oleh kendaraan," katanya.

Hujan Deras Akibatkan Longsor di Garut, Akses Jalan Toblong-Maroko Terputus

Martinus mengatakan, material longsor yang  menutupi akses jalan di di Palli Kelurahan Malimbong, Kecamatan Malimbong Balepe, dan di jalan poros Malimbong-Lemo Menduruk, Kecamatan Malimbong Balepe, sampai saat ini belum dapat dibersihkan, karena medan yang sangat berat.

"Panjang akses jalanan yang tertutup material longsor adalah sepanjang 20 meter, sehingga sulit dilakukan pembersihan hanya dengan alat seadanya. Diperlukan alat berat untuk membersihkan material tersebut," kata Martinus. (ase)

Arena Adu Kerbau Toraja, Sulawesi Selatan

Viral! Keributan di Arena Adu Kerbau Toraja Diduga Dipicu Kalah Judi

Pertikaian antar penonton di arena adu kerbau di To’batu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2024