Jokowi Tentukan Sendiri Lokasi Istana di Ibu Kota Baru RI

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Agus Rahmat/VIVAnews.

VIVA – Presiden Joko Widodo akan meninjau calon Ibu Kota RI yang baru, di Kalimantan Timur, pekan depan. Dia Ingin memastikan di mana letak Istana nantinya berada. 

Jokowi Bertolak ke Kaltim, Hadiri Nusantara TNI Fun Run di IKN

Jokowi mengungkapkan, ia akan berada di sana dua hingga tiga hari. Karena lokasinya sangat luas, ribuan hektare, maka harus ditelusuri setiap sudutnya untuk memastikan Istana ada di tempat yang tepat. 

"Kluster ini kan banyak. Kluster pemerintahan, kluster pendidikan, kluster kesehatan, kluster inovasi. Titiknya itu yang pertama kali harus ditentukan adalah titik kluster pemerintahan, artinya Istana ada di situ, kementerian-kementerian ada di situ, penting," jelas Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat 13 Desember 2019.

Jokowi sebut Dialog Bisa Jadi Kunci untuk Menghindari Konflik di Timur Tengah

Ada dua kabupaten yang digunakan di Kalimantan Timur sebagai titik ibu kota baru. Yakni Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. 

Jokowi pun menegaskan akan menentukan sendiri, di mana titik pembangunan Istana dan seluruh kementerian. Dia akan berkonsultasi dengan arsitek yang sudah disiapkan. 

Transformasi Digital Era Jokowi Naik 82,6 Persen, Menjangkau Daerah 3T

"Tentu saja kalau sudah ke sana melihat, feeling-nya dapat baru nanti arsitek, urban planner semuanya kumpul. Ini benar bisa, bisa, ya (dibangun di situ)," jelasnya.

Presiden Joko Widodo (jokowi) menyampaikan amanat di HUT TNI ke-79

Guru Besar FEB UI: Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi Sudah Dirasakan Manfaatnya

Kita harus memberikan apresiasi Pak Jokowi bahwa beliau merupakan Bapak Infrastruktur Indonesia karena meninggalkan Legacy luar biasa.

img_title
VIVA.co.id
5 Oktober 2024