Begini Cara Intip Aktivitas Harimau Sumatera

Penampakan Harimau Sumatera di ladang minyak
Sumber :
  • VIVAnews / Bambang Irawan (Pekanbaru, Riau)

VIVA – Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau melakukan pemantauan terhadap aktivitas harimau Sumatera di kawasan Taman Nasional Zamrud, Kabupaten Siak. Monitoring dilakukan dengan cara patroli dan pemasangan Camera Trapp di sejumlah titik areal pelintasan harimau.

Bayi Harimau Sumatra Lahir di Amerika Serikat

"Kita telah menurunkan tim ke lapangan untuk melakukan pemantauan sekitar lokasi dengan upaya pemasangan Camera Trapp (CT) sejumlah titik," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam, Riau, Suharyono, Minggu 3 November 2019.

Suharyono menambahkan, pihaknya dalam hal ini telah melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Siak dan Perusahaan BOB. Selain pemasangan CT, tim juga akan melakukan sapu jerat di kawasan tersebut. Ini dilakukan guna menyelamatkan populasi harimau Sumatera dari kepunahan. 

Gelaran Global Tiger Day 2024, Suarakan Misi Konservasi Harimau Sumatera

"Dengan kerjasama sejumlah pihak ini diharapkan dapat mengambil langkah-lsngkah terkait kemunculan hari di sekitar TN Zamrud. 

Seperti sosialisasi kepada pekerja dan masyarakat, agar tidak panik dan tenang serta tidak mengambil tindakan yang dapat merugikan kelestarian satwa," ucap Suharyono.

Harimau Sumatera Ditemukan Mati Dengan Leher Terlilit Sling Jerat 

Sebelumnya, harimau Sumatera sering muncul di kawasan operasional ladang minyak tepatnya di Jalan Poros Kilometer 23 Kawasan Taman Nasional Zamrud. 

Sebagian kawasan ini adalah wilayah kerja PT.BOB. Kemunculan harimau menjadi ancaman serius bagi masyarakat dan pekerja. 

Seekor harimau bernama 'Si Manis' semasa hidup di Kebun Binatang Medan Zoo. (dok Medan Zoo)

Harimau 'Si Manis' di Medan Zoo Mati, Bobby Nasution: Sudah Berusia Lanjut

Wali kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mengumumkan harimau tua bernama 'Si Manis' mati.

img_title
VIVA.co.id
22 September 2024