Suap Wali Kota Medan, KPK Kumpulkan Setumpuk Barang Bukti

Wali Kota Medan nonaktif Tengku Dzulmi Eldin
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah sejumlah lokasi di Medan selama dua hari terakhir. Hal ini dilakukan berkaitan dengan penyidikan perkara dugaan suap proyek dan promosi jabatan di Pemkot Medan tahun 2019.

Bayar Tunggakan Pajak Rp104 Miliar, Bobby Nasution Batal Robohkan Mal Center Point Medan

"Pada Selasa, 29 Oktober 2019, tim menggeledah rumah seorang saksi bernama Yencel alias Ayen. Sementara Rabu 30 Oktober 2019, penggeledahan dilanjutkan di kediaman  seorang saksi bernama Farius Fendra di Kota Medan," kata Juru KPK Febri Diansyah kepada awak media, Kamis, 31 Oktober 2019.

Dari lokasi penggeledahan tersebut, lanjut Febri, penyidik menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya itu, dokumen proyek dan barang bukti elektronik.

Pesan Terakhir Wali Kota Medan Bobby Nasution

Dalam kasus ini, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin bersama protokoler, Syamsul Fitri Siregar, diduga menerima suap dari Kepala Dinas PUPR Kota Medan Isa Ansari sebesar Rp 330 Juta terkait promosi jabatan dan proyek di Pemkot Medan.

Selain itu, Isa juga memberikan uang Rp250 juta, di mana Rp200 juta ditransfer, sementara sisanya secara tunai melalui Syamsul Fitri Siregar. Uang itu diperuntukkan membayar kelebihan dana nonbudget dari perjalanan dinas Dzulmi bersama keluarga ke Jepang pada Juli lalu.

Jukir di Medan Main Judi Online Pakai Mesin e-Parking Bikin Bobby Nasution Marah
Walikota Medan, Bobby Nasution turun dari Jet Pribadi menggunakan payung.(Instagram @info.orangdalem)

Penjelasan Bobby Nasution Soal Fotonya Beredar Saat Turun dari Jet Pribadi

Sebuah foto viral di media sosial memperlihatkan menggunakan payung Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution alias Bobby Nasution dan istrinya, Kahiyang Ayu baru tur

img_title
VIVA.co.id
4 September 2024