Ketum PAN: Brazil Saja Sudah Tiga Hingga Empat Kali Pindah Ibu Kota

Ketua Umum DPP PAN sekaligus Ketua MPR Zulkifli Hasan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anwar Sadat

VIVA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan, menilai persoalan pindah ibu kota merupakan hal biasa. Ia bahkan menyebutkan dapilnya di Lampung juga baik untuk calon ibu kota.

Tegaskan Kantor Pusat Kadin Tidak Pindah, Anindya Bakrie Pastikan Rangkul Semua Anggota

"Ya memang mestinya soal begini ya, saya beranggapan pindah ibu kota itu kan sesuatu yang biasa saja. Nanti kalau 10 tahun lagi mau pindah ke tempat saya di Lampung kan oke juga," kata Zulhas di komplek parlemen, Jakarta, Minggu 25 Agustus 2019.

Ia mencontohkan,  Brazil saja sudah tiga sampai empat kali memindahkan ibu kotanya. Ia menduga soal wacana pindah ke Kalimantan, bisa saja juga nantinya pindah ke Sumatera. 

Munaslub Kadin Indonesia 2024 Sepakati Anindya Bakrie Jadi Ketua Umum

"Katanya untuk pemerataan. Jadi saya sih biasa. Tergantung persiapannya yang bagus, lihat dulu sumber daya alamnya, lingkungannya, mendukung apa tidak situasinya," kata Zulhas. 

Meski begitu, ia tak menafikan saat ini Indonesia sedang menghadapi persoalan terkait masyarakat Papua. Karena itu, sudah seharusnya wacana pemindahan ibu kota ditinggal dulu. 

Dasco Ungkap Beberapa Ketua Parpol Sudah Setor Nama Calon Menteri ke Prabowo

"Menurut saya, nanti kalau sudah bagus sudah ini, ekonomi sudah bagus, silakan (pindah ibukota)," kata Zulkifli.

Ilustrasi gerbang tol.

Siap-siap! Tarif Tol Dalam Kota Naik 22 September 2024, Segini Besarannya

Manajemen Jasa Marga mengungkapkan bahwa penyesuaian tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 2130/KPTS/M/2024.

img_title
VIVA.co.id
19 September 2024