Goyangan Dada Duo Semangka Bikin Resah, Kominfo Siap Bina

Menkominfo Rudiantara usai salat Id di Masjid Istiqlal
Sumber :
  • Viva.co.id/Anwar Sadat

VIVAnews - Konten Duo Semangka tengah viral di media sosial. Terkait adanya konten sensual seperti itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut pihaknya bisa melakukan pembinaan.

Lagi Foto-foto di Pantai, Pemuda Ini Tiba-tiba Dikeroyok Ormas

"Ini, Kominfo itu sebetulnya mendahulukan pendekatan pembinaan," kata Rudiantara di Jakarta Pusat, Kamis, 22 Agustus 2019.

Namun, Rudiantara mengatakan bahwa Kominfo juga bisa melakukan tindakan tegas atau mencabut konten (take down). Yakni apabila isi konten tersebut sudah sangat jelas melanggar peraturan perundangan yang berlaku.

10 Fakta Menarik Boneka Labubu yang Tengah Viral di Indonesia

"Kecuali obvious, kalau obvious sudah keterlaluan dan jelas melanggar undang-undang, ya sudahlah kita take down," tegas Rudiantara.

Meski demikian, Rudiantara mengaku belum mendengar langsung aduan soal Duo Semangka itu. Dia hanya menegaskan, dalam pembinaan, Kominfo bisa menyarankan agar pembuat konten tidak membuat reputasi yang negatif.

Melotot dan Mengaum, Pemotor Kesurupan saat Ditilang Polisi: Ieu Wilayah Aing!

"Pembinaan saja, kita undang. Sebaiknya jangan (buat konten negatif) di sini, reputasi anda enggak bagus. Kita pendekatannya seperti itu," kata dia.

Sebelumnya, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memanggil personel dari Duo Semangka. Pemanggilan ini ditujukan untuk klarifikasi atas video viral keduanya yang disebut membuat resah masyarakat.

Ketua KPAI, Susanto, membenarkan kabar pemanggilan itu. Pihaknya mendapatkan keluhan dari masyarakat yang merasa resah dengan adanya video Duo Semangka di YouTube. (ase)

Petugas KSOP yang tendang dagangan emak-emak di Pelabuhan Kendari minta maaf. Foto: Dok KSOP Kendari

Usai Viral, Petugas KSOP yang Tendang Dagangan Emak-emak di Pelabuhan Kendari Minta Maaf

Petugas KSOP tersebut berjanji tak akan mengulangi perbuatannya.

img_title
VIVA.co.id
19 September 2024