John Kei Minta Nus Kei Tangani Sengketa Tanah Saat di Nusakambangan

Anak buah John Refra Kei alias John Kei keluar dari ruang tahanan.
Sumber :
  • Foe Peace

VIVA – Perselisihan John Refra Kei alias John Kei dan Agrapinus Rumatora alias Nus Kei, dibenarkan polisi terkait permasalah sengketa tanah yang telah dibangun rumah sakit di Kota Ambon.

Terpopuler: Video Dugaan Aliran Sesat, Erupsi Marapi hingga Pembunuh Emak-emak Ditangkap

Terkait masalah tanah ini, John Kei yang saat itu masih mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Permisan Nusakambangan, meminta tolong kepada Nus Kei, yang merupakan paman sendiri untuk mengurus masalah tersebut.

"Ada perkara tanah yang saat itu memang John Kei minta tolong kepada Nus Kei untuk segera diuruskan, karena John Kei pada saat itu ada di Nusakambangan, kemudian minta tolong minta untuk diuruskan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Rabu 24 Juni 2020.

4 Sosok yang Pernah Berduel dengan Hercules, Ada eks Wakil Gubernur DKI Jakarta

Pasca keluar dari Nusakambangan akhir Desember 2019 lalu, dengan bebas bersayarat sesuai keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor: Pas-1502.PK.01.04.06 Tahun 2019 tanggal 23 Desember 2019, John Kei kemudian menanyakan masalah lahan tersebut pada Nus Kei. Dalam pemeriksaan, Nus Kei mengatakan John Kei tidak sabar soal permasalahan lahan tersebut.

"Karena dia (John Kei) dengar Nus Kei katanya sudah menerima. Tapi menurut pengakuan Nus Kei dia belum menerima. Pak Nus Kei juga sudah sempat menyampaikan bahwa tidak sabar atau gimana gitu. Tapi ini memang adalah ada kasus tanah di Maluku, yang menurut John Kei sudah dibayar tapi menurut Nus Kei itu belum," katanya. 

Dari John Kei hingga Hercules, Ini 5 Sosok Istri Preman-preman Terkenal Indonesia

Menurut sumber di Kepolisian, pekerjaan itu terkait sengketa pada lahan yang telah dibangun rumah sakit di Kota Ambon. Dari pekerjaan itu, Nus Kei mendapat bayaran Rp1 miliar. Pekerjaan itu lebih detail adalah pengurusan sengketa lahan milik almarhum dari adik dari Jhon Kei. Sengketa itu berlanjut hingga ke Mahkamah Agung pada tahap kasasi.

Karena itu, Jhon Kei meminta Nus Kei untuk membantu pengurusan sengketa tanah tersebut di Mahkamah Agung. Dia kemudian menemui seorang kerabat di Jakarta dan membentuk tim untuk pengurusan masalah ini. Lebih lengkap baca: Perselisihan John Kei dan Nus Kei, Dugaan Soal Perkerjaan Rp1 Miliar.

Seperti diketahui, polisi melakukan penggerebekan terhadap kelompok John Kei di perumahan Taman Titian Indah, Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu malam, 21 Juni 2020. Sebanyak 25 orang diamankan. Penggerebekan ini terkait aksi penyerangan di Green Lake City, Kota Tangerang dan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat.

Baca juga: Lewat Rekonstruksi, Bagaimana John Kei Pimpin Penyerangan Nus Kei

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya