Cari Suku Togutil yang Bantai Warga, TNI-Polri Sisir Hutan Halmahera

Anggota TNI dan Polri menyusuri hutan Halmahera mencari Suku Togutil
Sumber :
  • Ifan Gusti

VIVA – Sebanyak satu pleton anggota Polres Halmahera Timur, dibantu personil TNI dari Kodim 1505 Tidore, Provinsi Maluku Utara, Selasa 2 April 2019, melakukan penyisiran hutan Halmahera Timur, guna mencari keberadaan Suku Pedalaman Halmahera, Togutil, pelaku penyerangan lima warga Desa Waci, Kecamatan Maba Selatan, yang mengakibatkan tiga warga tewas mengenaskan.

Gunung Ibu Erupsi Tiga Kali pada Senin Dini Hari, Menurut PVMBG

Hal itu, disampaikan Kapolres Halmahera Timur, ABKP Driyano Andri Ibrahim kepada VIVA melalui sambungan telepon. Menurut Driyano, polisi telah mengambil keterangan dari korban selamat di Desa Waci, untuk proses penyelidikan . 

Di samping itu, anggota Polres dan Polsek sebanyak 1 Satuan Setingkat Peleton (SST) telah diterjunkan menyisir hutan untuk mencari pelaku.  

Begini Cara PT IWIP Buktikan Komitmen Peduli Lingkungan

"Kami juga membentuk tim investigasi penyelidikan kasus ini. Untuk motif pembunuhan, masih diduga mereka (Togutil) merasa terusik oleh keberadaan warga setempat yang masuk ke dalam hutan wilayah mereka," kata Driyano.

Peristiwa penyerangan berujung pembantaian tiga orang warga terjadi pada Jumat 29 Maret lalu. Di mana, tiga warga Desa Waci, yakni Habibu (62), Karim Abdurahman (56), dan Yusuf Halim (34) tewas mengenaskan di Kali Waci, lantaran diserang kelompok suku Togutil usai berburu di Hutan Halmahera Timur.

Gunung Ibu Erupsi di Halmahera Erupsi Keluarkan Pijar Api dari Kawah

Sementara itu, dua rekan mereka Hakim Difa (53) dan Harun Muharam (36) berhasil meloloskan diri dari penyerangan tersebut.

Kasus penyerangan suku Togutil terhadap warga Desa Waci bukanlah kali pertama terjadi, namun sudah beberapa kali terjadi, yakni di tahun 2013 dan 2014. Namun, penyelesaian kasus hingga kini tak pernah tuntas.

Hingga kini, Suku Togutil masih mendominasi wilayah belantara hutan di Halmahera, dengan sistem nomaden berpindah–pindah tempat. Meski begitu, ada kelompok suku Togutil yang sudah berbaur dengan masyarakat. (asp)

Laporan: Ifan Gusti

Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, kembali erupsi pada Jumat malam, 27 September 2024 dengan ketinggian kolom abu setinggi 700 meter.

Gunung Ibu Erupsi Keluarkan Abu Setinggi 700 Meter, Terdengar Gemuruh yang Kuat

Kantor Pos Pengamatan Gunung Api Ibu melaporkan terdengar gemuruh kuat saat Gunung Ibu erupsi pada Jumat malam dengan ketinggian kolom abu setinggi 700 meter.

img_title
VIVA.co.id
27 September 2024