Black Box FDR Lion Air JT 610 Selesai Diunduh KNKT, Ini Hasilnya

Data FDR Lion JT 610.
Sumber :
  • Syaefullah/VIVA.co.id

VIVA – Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT telah berhasil mengunduh data black box Flight Data Recorder (FDR) pesawat Lion Air JT 610 pukul 00.00 WIB, Minggu, 4 November 2018. 

Temuan KNKT pada Truk Maut di Balikpapan Bikin Terkejut

"Kami total memperoleh data dari black box adalah 69 jam, terdiri 19 penerbangan termasuk penerbangan yang mengalami kecelakaan. Kemudian, jumlah parameternya kurang lebih ada 1.800," ujar Ketua KNKT Nurcahyo Utomo di kantornya, Jakarta Pusat, Minggu, 4 November 2018. 

Menurut dia, hasil unduh FDR itu dapat diketahui data kecelakaan penerbangan maskapai Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Laut Karawang, Provinsi Jawa Barat. 

Jika Kecelakaan Truk, Jangan Cuma Salahkan Sopirnya Saja

"Ini adalah hasil dari FDR rute penerbangan yang terjadi, jadi dimulai pesawat yang bergerak dari parkir pesawat menuju landasan 25 kemudian take off kemudian belok ke kiri kemudian terus mengarah Tenggara dan akhir penerbangan adalah tercatat FDR seperti di gambar," ujarnya. 

Saat ini, KNKT sedang memilah lagi para parameter apa dari 1.800 yang dibutuhkan, dari sini akan dianalisis apa yang terjadi dengan penerbangan itu.

Penyebab Tabrakan LRT Jabodebek saat Uji Coba, KNKT: Teknisi Main HP

"Jadi gambar ini baru menunjukkan 2 parameter dari 1.800 parameter, hanya yakinkan ini bahwa kita dapat gambar yang sesuai," ujar Nurcahyo sambil menunjuk rute penerbangan Pesawat Lion Air JT 610. 
 

PLT Sub Komite LLAJ KNKT, Achmad Wildan.

Kesimpulan Sementara KNKT Penyebab Kecelakaan Maut Bus di Bantul

KNKT mengungkapkan, kecelakaan maut bus wisata di Bantul itu bukan karena rem blong. Karena sistem pengereman berjalan normal.

img_title
VIVA.co.id
8 Februari 2022