Ridwan Kamil Siapkan Rp50 Miliar Tata Situs Megalitikum Gunung Padang

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan penataan situs megalitikum Gunung Padang di Kabupaten Cianjur menjadi kawasan wisata dimulai tahun 2019.

Misteri Gunung Padang yang Masuk Dalam Dokumenter Ancient Apocalypse Netflix

Menurutnya, penataan situs itu masuk dalam tipe dua, yaitu pembenahan pariwisata dengan target menjadi destinasi favorit yang kini dalam kondisi terbengkalai dengan penataan profesional.

“Pertama pariwisata tipe satu dengan memperbaiki akses. Contoh, ada Tebing Keraton (Bandung Barat), tempat bagus, aksesnya jelek; menjadi tertata, terawat dan terjaga dengan baik,” ujar Ridwan di Bandung pada Kamis, 1 November 2018.

Keajaiban Megalit Lembah Bada Poso Menjadi Perhatian Warga Asing

Penataan situs Gunung Padang serentak dengan pembenahan kawasan wisata lain, yaitu Sungai Kalimalang-Bekasi, Waduk Darma Kabupaten Kuningan, Situ Ciburuy Kabupaten Bandung Barat, dan Situ Bagendit Kabupaten Garut serta perombakan total Gedung Sate.

Ilustrasi Situs Megalitikum Gunung Padang.

Sisa-sisa Pemukiman di Masa Kerajaan Singhasari Ditemukan di Malang

Penataan Gunung Padang, katanya, akan dimulai dengan relokasi pedagang kaki lima di titik situs sakral. “Saya hicking kemarin, capek ternyata. Di atas ada tukang Indomie dengan tenda birunya. Antara berharap klimaks pengharapan, jadi ilfil (ilang feeling; hilang harapan),” katanya.

“Jadi diagendakan di 2019, mudah-mudahan di akhir tahun 2019 kita ke sana melihat lebih bermartabat dan profesional. Jadi, semua daerah akan kebagian. Hanya tahunnya keberapa dari lima tahun ini nanti diketeng (dicicil). Rata-rata anggarannya Rp40-50 miliar. Desainya sedang proses,” katanya.

Ustaz Felix Siauw

Ustaz Felix Siauw: Ustaz Adi Hidayat Merepotkan, Larangan dalam Ritual Malam Satu Suro

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Lifestyle VIVA.co.id dalam Round Up pada edisi Jumat 14 Juli 2023:

img_title
VIVA.co.id
15 Juli 2023