SPBU-Toko Dijaga Tentara, Panglima TNI Jamin Aman dari Penjarahan

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – TNI menambah pasukannya untuk dikirim ke lokasi bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah; juga Mamuju di Sulawesi Barat. TNI memberangkatkan tiga batalion pasukannya, untuk membantu proses tanggap darurat di ketiga daerah terdampak bencana itu.

Gempa 5 Magnitudo Guncang Ternate Senin Pagi, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Tiga batalion pasukan itu, menyusul 850 tenaga kesehatan yang lebih dahulu tiba di Palu, Donggala, dan Mamuju. Pasukan tambahan diberangkatkan dari Jakarta pada hari ini, Selasa 2 Oktober 2018.

"Pasukan yang kedua ini dikirim untuk menjaga SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum), ATM (anjungan tunai mandiri), toko-toko, bandara, dan pelabuhan," kata Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto di Markas Besar TNI, Jakarta.

BMKG: Tsunami Besar di Jepang Dapat Menjalar hingga Wilayah Indonesia

"Kami akan menjaga, mengimbau kepada masyarakat tetap membuka tokonya, membuka SPBU-nya membuka ATM-nya, dan membuka bank-nya dengan dikawal oleh TNI, biar ekonomi di sana juga berjalan," ujarnya.

Hadi juga akan berangkat ke Sulawesi Tengah, dan memantau langsung kondisi di lokasi bencana itu. Dia akan berangkat pada sore bersama Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto.

Anggota Dewan Pakar Golkar Ungkap Dua Kemungkinan Alasan Airlangga Mundur

"Untuk memastikan bahwa ekonomi berjalan lancar dengan dikawal oleh TNI dan Polri, sehingga masyarakat akan merasa nyaman," katanya.

Pemeriksaan kesehatan bagi penyintas gempa dan tsunami di Palu

Ahmad Ali-Abdul Karim Sediakan Layanan Kesehatan Gratis Bagi Penyintas Gempa dan Tsunami Palu

Pemeriksaan kesehatan gratis bagi para penyintas gempa dan Tsunami Palu digelar di Kelurahan Panau, Kecamatan Tawaeli, Kita Palu, Sabtu 28 September 2018.

img_title
VIVA.co.id
29 September 2024