Mendikbud Kasih Joni Beasiswa hingga SMA

Yohanes Andekala (Joni) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sumber :
  • VIVA / Syaefullah

VIVA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memberikan beasiswa kepada Yohanes Andekala (Joni) mulai dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Brigjen Joao Tegaskan Berpegang Teguh Aturan Seleksi Masuk TNI, Joni Jalani Fisioterapi Tinggi Badan

Joni merupakan siswa kelas 7 SMPN Silawan, Nusa Tenggara Timur, yang berhasil melakukan aksi heroik memanjat tiang bendera agar bendera Merah Putih tetap berkibar pada saat upacara peringatan HUT RI ke-73, 17 Agustus 2018.

"Nanti Joni akan mendapatkan beasiswa dari SMP sampai SMA," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy di kantornya, Senayan Jakarta, Senin, 20 Agustus 2018.

Joni Bocah Pemanjat Tiang Bendera Bakal Diberi Terapi Naikkan Tinggi Badan Demi Masuk TNI

Tapi, Muhadjir tak menjelaskan secara rinci berapa nominal rupiah yang didapat Joni dari pemerintah setiap bulannya karena itu rahasia. Kendati begitu, ia berharap kepada semua pihak dan para pelajar di seluruh tanah air, agar meniru Joni.

Karena, ada lima pendidikan karakter di sekolah yang ditekankan kepada para pelajar di antaranya, pertama agama. Bahwa religi lebih ditekankan kepada aspek cara-cara beragama yang benar termasuk toleransi antarsesama agama, kemudian juga menghargai keyakinan masing-masing, kemudian juga bisa rukun membangun suasana yang saling memahami.

Terkuak, Ternyata Ini Alasan Joni yang Viral Panjat Tiang Bendera Gagal Masuk TNI

"Itu yang paling ditekankan di sana," ujarnya.

Kemudian, nasionalisme, patriotisme, integritas terutama ditekankan pada aspek kejujuran, di mana sekarang di Indonesia ini kejujuran itu barang yang sangat mahal. Lalu, kemandirian dan terakhir gotong royong.

"Jadi sekolah-sekolah kita dengan program PPK (penguatan pendidikan karakter) itu kita harapkan suasana kehidupannya sehari-hari diwarnai dengan lima nilai itu." (mus)

Joni Ande Kala, pemanjat tiang bendera

Jokowi Lupa Pernah Janjikan Joni Masuk TNI

Joni Ande Kala sempat viral beberapa tahun lalu karena aksinya yang memanjat tiang bendera saat HUT RI lantaran tali tersangkut.

img_title
VIVA.co.id
14 Agustus 2024