TKI Dipancung, Jokowi Didesak Batalkan Kunjungi Arab Saudi

Presiden Joko Widodo saat menerima kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, di Istana Bogor, 1 Maret 2017.
Sumber :
  • REUTERS/Achmad Ibrahim/Pool

VIVA - Presiden Joko Widodo dituntut membatalkan rencananya melakukan kunjungan kenegaraan ke Arab Saudi pada Mei mendatang. Ini dipandang perlu sebagai ungkapan protes pemerintah Indonesia atas hukuman mati yang kembali diterapkan otoritas Saudi kepada warga negara Indonesia. Demikian desakan dari kalangan pegiat pembela hak pekerja migran Indonesia.

Sudah Disetuji Mundur, Pramono Ucapkan Terima Kasih ke Jokowi Dipercaya jadi Seskab 2 Periode

Aktivis Migrant CARE, Anis Hidayah, menyampaikan Jokowi harus menunjukkan sikap protes atas eksekusi mati terhadap TKI Muhammad Zaini Misrin di sana pada Minggu dini hari waktu setempat, Minggu, 18 Maret 2018.

"Kami mendesak agar Jokowi membatalkan kunjungan itu, demi memberi sensitivitas kepada Zaini Misri dan keluarganya. Zaini, yang mati dieksekusi di sana," ujar Anis dalam konferensi pers di Kantor Migrant CARE, Jakarta Timur, Senin, 19 Maret 2018.

Ketemu Jokowi, Gus Miftah Bilang Jokowi Akan Keliling Temui Masyarakat Usai Pensiun jadi Presiden

Anis menyampaikan dilaksanakannya eksekusi tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya ke perwakilan Indonesia di sana, semakin memperparah keadaan. Pemerintah juga dituntut segera mengirim nota diplomatik yang berisi protes keras Indonesia atas peristiwa ini.

Menurut Anis, Saudi kerap melanggar berbagai aturan hukum, juga proses-proses diplomatik dalam mengeksekusi mati. Eksekusi yang dilakukan terhadap Misri sendiri, dilakukan secara tiba-tiba di tengah proses Peninjauan Kembali yang sedang berjalan.

Ngabalin Sebut Presiden Jokowi Komunikasinya dengan Allah Luar Biasa, Melebihi Seorang Ulama

"Nota keras diplomatik harus segera dikirimkan dengan message (protes) yang sangat jelas kepada Pemerintah Saudi," ujar Anis. (ren)

Presiden Jokowi meresmikan jalan tol Yogyakarta-Solo seksi I Kartasura-Klaten di Gerbang Tol Banyudono

Jokowi Kenang saat Kuliah Naik Motor dari Solo ke Jogja saat Resmikan Tol Jogja-Solo

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Yogyakarta-Solo segmen Kartasura-Klaten di Gerbang Tol Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Kamis, 19 September 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 September 2024