Tahun Baru, Pengguna KRL Melonjak 30 Persen

Ilustrasi kereta api.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Irfan Laskito

VIVA.co.id – Mengawali tahun 2017, dan masih dalam suasana masa liburan, sejumlah stasiun KRL dipadati oleh pengguna jasa. PT KAI Commuter Jabodetabek merilis, pada 1 Januari 2017 kemarin, jumlah penumpang Stasiun Jakarta Kota tercatat 67.935, atau naik 150 persen dibandingkan hari libur normal, yaitu 26.557 pengguna.

Tiket Kereta Api Diskon 10 Persen di Momen Libur Pilkada 2024, Cek Syarat dan Ketentuannya

Sedangkan untuk Stasiun Bogor, meningkat 71 persen ke angka 64.249 dari yang biasanya 37.464 penumpang per hari pada Sabtu atau Minggu biasa.

"Secara keseluruhan, jumlah pengguna jasa KRL pada 1 Januari 2017, tercatat mencapai 792.594, sedangkan pada hari libur biasa pengguna hanya berkisar 600 ribu sampai dengan 630 ribu per hari atau meningkat sekitar 30 persen," kata Eva Chairunisa, VP Corporate Communications PT KCJ, Senin 2 Januari 2016.

Aksi Heroik Prajurit TNI Selamatkan Penumpang KA Kertajaya dari Ular Besar

Mengingat pada musim libur cukup banyak pengguna yang memakai tiket harian, maka untuk fasilitas pelayanan transaksi tiket, PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ) mengoperasikan unit perangkat loket sementara (POS Mobile) sebagai loket tambahan di sejumlah stasiun yang saat ini dipadati penumpang.

POS Mobile dioperasikan di Bogor (empat unit), Jakarta Kota (lima unit), Manggarai (dua unit), Tebet (dua unit), Juanda (dua unit), dan Bekasi (dua unit).

PT KAI Sudah Buka Pemesanan Tiket Kereta Libur Natal dan Tahun Baru 2025

Selain perangkat transaksi tiket, sejumlah petugas seperti pelayanan, kebersihan dan pengamanan juga ditambah hingga dua kali lipat pada stasiun yang padat pengguna.

"PT KCJ mengimbau bagi para penumpang yang ingin lebih praktis dalam menggunakan KRL pada musim libur ini untuk menggunakan Kartu Multi Trip (KMT). Dengan menggunakan KMT, pengguna dapat langsung menuju gate dan tidak perlu antre di loket setiap akan melakukan perjalanan selama saldo pada KMT mencukupi," kata Eva.

Sementara itu, bagi calon penumpang yang masih ingin menggunakan Tiket Harian Berjaminan (THB) diimbau agar menggunakan THB Pergi Pulang (THB PP), untuk menghindari antre di stasiun tujuannya saat akan menggunakan kereta kembali untuk perjalanan pulang.

THB PP akan mempermudah para calon penumpang dalam melakukan perjalanannya, karena hanya perlu melakukan satu kali transaksi pergi-pulang di loket stasiun keberangkatan dengan relasi yang sama.

Selain itu, PT KCJ juga mengimbau para pengguna untuk tetap menjaga keselamatan diri dan putra putrinya, serta selalu memperhatikan barang bawaannya. (asp)

Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika di KPK

KPK Usut Pejabat BPK yang Diduga Terima Aliran Uang Korupsi Proyek Jalur Kereta

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Tessa Mahardhika mengatakan penyidik masih menelusuri jejak aliran uang terkait dugaan korupsi suap proyek perbaikan dan p

img_title
VIVA.co.id
16 November 2024