Calo Kacamata Gerhana Berkeliaran di Planetarium Jakarta

Warga antre hendak melihat GMT di Planetarium Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id - Keramaian antrean untuk mendapatkan kacamata gratis di Planetarium, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, dimanfaatkan sejumlah oknum untuk menjual kacamata gerhana tersebut. Mereka menawarkan kacamata itu dengan harga Rp50 ribu.

Pantauan VIVA.co.id, ketika tiba di Planetarium, Jakarta, sekitar pukul 03.30 WIB, seseorang  datang menghampiri sambil menawarkan sebuah goodie bag berisi kacamata filter Neutral Dencity 5 (ND5) khusus Gerhana Matahari Total (GMT), kalender dan perlengkapan lainnya.

"Ayo lima puluh ribu..lima puluh ribu..lima puluh ribu..," ujar calo tersebut berteriak kepada para pengantre.

Ketika hal itu dikonfirmasi, Kepala Bagian (Kabag) Planetarium Eko Wahyu Wibowo mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi hal tersebut dengan menuliskan label "Gratis" pada kacamata tersebut.

"Itu makanya kami tulis kacamata gratis, untuk mengantisipasi hal tersebut, yang namanya oknum itu ada di mana saja," ujarnya di Planetarium, Jakarta, Rabu, 9 Maret 2016.

Eko mengimbau, para pengunjung yang menemukan praktik percaloan di sekitar Planetarium untuk segera melaporkan peristiwa tersebut kepada pihak pengelola dan petugas Planetarium. "Nanti akan segera kami tindak lanjuti," ujarnya.

Seperti diketahui, antrean untuk mendapatkan kacamata filter ND 5 yang digunakan khusus untuk melihat GMT di Planetarium Jakarta telah dimulai Rabu, 9 Maret 2016, sejak pukul 02.00 WIB.

Planetarium Jakarta Ramai, Travelers Mau Lihat Gerhana Matahari Cincin