Kompleks Batalyon Siliwangi Akan Jadi Asrama TNI AD

Warga Batalyon Siliwangi Siaga Hadapi Penggusuran
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews
Profil Jenderal TNI Mulyono yang Buang Pangkat Bintang 4 di Depan Prajurit Kopassus
- Meski diwarnai perlawanan dari ratusan penghuni, akhirnya prajurit Kodam Jaya berhasil menguasai Kompleks Batalyon Siliwangi, Cililitan, Jakarta Timur.

Dampak Stunting terhadap Masa Depan Anak: Apa yang Harus Diketahui Orang Tua?

Sejak pagi tadi, ratusan prajurit TNI dari Kodam Jaya ditambah petugas Satpol PP sudah berada di Kompleks Batalyon Siliwangi untuk mengosongkan satu per satu rumah-rumah yang selama ini banyak dihuni warga bukan TNI dan keluarga TNI yang sudah tidak aktif.
Israel Serang Prajurit TNI di Lebanon, Menlu Retno Ultimatum Keras Israel


Kepala Hukum Kodam Jaya, Kolonel I Nyoman Suparta, mengatakan, apa yang dilakukan Kodam Jaya bukanlah tidak sesuai prosedur. Kodam Jaya tidak melakukan penggusuran, melainkan hanya menertibkan penghuni kompleks itu.


"Kami sudah mengirimkan tiga kali surat peringatan agar warga segera mengosongkan kompleks. Mereka menolak, karena itu kami kosongkan dengan menerjunkan anggota," kata I Nyoman Suparta, Kamis 8 Januari 2015.


I Nyoman menjelaskan, setelah kompleks dikosongkan, lahan seluas empat hektare di kompleks itu akan dimanfaatkan untuk membangun rumah susun yang nantinya dijadikan asrama TNI AD.


"Kami akan membangun asrama Pembekalan dan Angkutan (Bekang),  Kesehatan, dan juga  asrama basis Sliwangi," tuturnya.


Pengosongan kompleks Batalyon Siliwangi Cililitan tidak semudah yang dibayangkan. Ratusan penghuni melakukan perlawanan hingga beberapa kali terjadi bentrokan dengan prajurit TNI dari Kodam Jaya yang diturunkan ke kompleks itu.


Selama ini, kompleks itu diduga telah dijadikan sarang peredaran narkotika, perjudian dan juga minuman keras.


Syaefullah/Jakarta
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya