Kemenpu dan DKI Bentuk Tim Khusus Deep Tunnel

Jokowi meninjau gorong-gorong MT Thamrin
Sumber :
  • VIVAnews/Luqman Ramadi

VIVAnews - Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sepakat membentuk tim untuk membahas kajian dan teknis pengerjaan proyek terowongan multiguna atau deep tunnel. Efektivitas deep tunnel dalam mengatasi banjir dan kemacetan ibukota menjadi salah satu kajian dalam tim ini.

Kurangi Angka Pengangguran, Wahono-Nurul Dukung Kreativitas Wirausaha Muda di Bojonegoro

"Akan dibahas efektivitas terowongan itu dapat menangani banjir dan macet, berapa besaran biaya yang harus dikeluarkan. Sebab, nantinya juga akan dibangun jalan tol di sana," ujar Menteri PU, Djoko Kirmanto di Kantor Kemenpu, Jakarta, Rabu 9 Januari 2013.

Meski banyak kalangan yang meragukan proyek terowongan multiguna senilai Rp16 triliun ini, Djoko yakin pembangunan dapat berjalan lancar. Menurutnya, tipe terowongan ini sesuai dengan kondisi jalan ibukota.

Marak Hoax, Siswa Dituntut Punya Keterampilan Kritis Hadapi Perkembangan Teknologi

"Model terowongan seperti yang akan dibuat ini sudah pernah dibuat di negara lain, seperti di Malaysia dan Jepang. Jadi kita yakin ini bisa dilanjutkan," katanya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kementerian Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan secara teknis jika Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ingin membangun deep tunnel. Masalah utilitas untuk bangunan di bawah tanah, kata dia, perlu pertimbangan matang.

Ketika Pidato Prabowo saat Pelantikan Presiden Jadi Sorotan Pengusaha Pribumi

Kendala awal dari proyek penanggulangan banjir Jakarta yang harus diatasi adalah masalah kemiringan tunnel yang tidak terlalu tajam. "Kalau kemiringannya tidak tajam pasti debit air yang mengalir tidak bisa banyak," ungkapnya.

Lorenzo Valentino

Tak Hanya Lagu Rock, Lorenzo Kini Menyentuh Emosi Lewat Lagu Ini

Single terbaru ini menyingkap sisi lain dari Lorenzo yang jarang terlihat, di mana ia mengungkapkan perasaannya dengan lebih terbuka dan rentan.

img_title
VIVA.co.id
22 Oktober 2024