Cuma 2 Finalis Abang-None Jakarta Asli Betawi

Finalis Abang None 2011
Sumber :
  • Antara/ Teresia May

VIVAnews - Puncak acara final kontes Abang dan None Jakarta, akan digelar pada 3 Juli 2012 di Teater Besar Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Sebanyak 18 pasang abang dan none terbaik terpilih untuk melangkah maju menuju kursi penjurian akhir.

Mereka terpilih setelah melewati seleksi ketat di masing-masing wilayah kota dan satu kabupaten. Dua dari 36 finalis tersebut merupakan putra Betawi asli.

Ketua Dewan Juri Abang dan None 2012, Rusdi Saleh, mengatakan meski hanya ada dua orang asli keturunan Betawi yang masuk sebagai finalis, membuktikan bahwa kebudayaan Betawi diminati oleh masyarakat lainnya.

"Saya justru gembira karena dengan demikian, kebudayaan Betawi diminati masyarakat lain. Ini proses ke Indonesia," kata Rusdi, di Balaikota DKI Jakarta, Selasa, 26 Juni 2012.

Menkominfo Ajak Ketum Kadin Bantu Pemerintah Buat Roadmap Industri ICT dan Ekonomi Digital

Menurut Rusdi, pihaknya akan tetap fair dengan penilaian yang dilakukan. "Bukan karena hanya ada dua finalis yang asli anak Betawi, maka dimenangkan. Semuanya sesuai dengan penilaian yang kami lakukan. Kita harus fair," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Arie Budhiman menuturkan salah satu finalis yang adalah asli Betawi berasal dari Kepulauan Seribu. "Saya sudah ketemu langsung dengan orang tuanya. Dia adalah asli anak pulau," ungkapnya.

Dikatakan Arie, bukan hanya dua finalis itu saja yang merupakan asli Betawi, karena pada tahun ini tercatat ada 1.845 peserta yang mendaftar. Namun yang lolos masuk menuju final hanya dua orang saja. "Sebenarnya bukan dua finalis itu saja yang asli Betawi, karena peserta juga banyak. Tapi yang lolos ya hanya dua itu," imbuhnya.

Jumlah peserta kegiatan yang dihelat dalam rangka Hari Ulang Tahun DKI Jakarta ke-485 ini meningkat hingga 14,94 persen dari tahun lalu yang hanya mencapai 1.613 peserta.

Hal tersebut menandakan pelaksanaan abang dan none ke 42 kali ini terus mendapat apresiasi dari masyarakat. Final pemilihan abang dan none akan disiarkan langsung oleh salah satu stasiun televisi swasta pada pukul 20.30 WIB.

Terdapat enam kategori pemenang yakni Abang dan None Jakarta 2012, Wakil I Abang dan None, Wakil II Abang dan None, Harapan I Abang dan None, Harapan II Abang dan None, Harapan III Abang dan None, serta Abang dan None Favorit yang dipilih melalui pooling SMS. Anda dapat mengikuti poling ini dengan sms, ketik ABNON spasi NAMA FINALIS kirim ke 9981.

5 Kapal Ikan Asing Ditangkap Saat Beraksi Curi Ikan di Perairan Sulawesi dan Selat Malaka

Berikut nama Abang None DKI:

ALDYWAKIL 1 ABANG JAKARTA SELATAN
CHERYLWAKIL 2 NONE KEPULAUAN SERIBU
FIANABANG JAKARTA TIMUR
VALIWAKIL 1 NONE JAKARAT UTARA
JAKAABANG JAKARTA PUSAT
OLIVIANONE JAKARTA BARAT
REZZIWAKIL 1 ABANG KEPULAUAN SERIBU
WANDHANONE JAKARTA UTARA
REVAWAKIL 2 ABANG JAKARTA SELATAN
ADELAWAKIL1 NONE KEPULAUAN SERIBU
TAUFIKABANG JAKARTA UTARA
INDAWAKIL 1 NONE JAKARTA SELATAN
RENDYWAKIL 1 ABANG JAKARTA BARAT
RESKAWAKIL 1 NONE JAKARTA TIMUR
VALDIABANG KEPULAUAN SERIBU
AFIFFANONE JAKARTA SELATAN
ALEXABANG JAKARTA SELATAN
PALTINONE JAKARTA TIMUR
ABRARABANG JAKARTA BARAT
NIKENWAKIL 1 NONE JAKARTA PUSAT
FAHMIWAKIL 2 ABANG JAKARTA TIMUR
AFFIWAKIL 1 NONE JAKARTA BARAT
ROLANDWAKIL  2 ABANG JAKARTA UTARA
MELANIWAKIL 2 NONE JAKARTA TIMUR
ISKWAKIL 2 ABANG KEPULAUAN SERIBU
LUCYNONE JAKARTA PUSAT
IQBALWAKIL 1 ABANG JAKARTA PUSAT
MELLYZANONE KEPULUAN SERIBU
VINCENTWAKIL 1 ABANG JAKARTA TIMUR
LAURAWAKIL 2 NONE JAKARTA PUSAT
CHANDRAWAKIL 2 ABANG JAKARTA PUSAT
ANDINWAKIL 2 NONE JAKARTA UTARA
MAULWAKIL 2 ABANG JAKARTA BARAT
DENNAWAKIL 2 NONE JAKARTA SELATAN
FARISWAKIL 1 ABANG JAKRAT UTARA
FITRIWAKIL 2 NONE JAKARTA BARAT
Meutya Hafid Blak-blakan Kumpulkan Keberanian untuk Undang Prabowo dalam Rapat DPR

Arie menjelaskan peran abang dan none Jakarta dari tahun ke tahun semakin besar. Untuk itu, pembekalan dan pelatihan diberikan sesuai dengan peran dan kebutuhannya sebagai Duta Wisata dan Budaya.

Selain itu, abang dan none Jakarta juga menyandang sebagai Duta Anti Narkoba dan Duta Lalu Lintas. Para finalis abang dan none Jakarta akan diberdayakan pada kegiatan seremonial keprotokolan, kegiatan sosial, dan promosi wisata dalam dan luar negeri. (eh)

Dalam Satu Hari, Bea Cukai Tegal Lancarkan Dua Penindakan Rokok Ilegal

Dalam Satu Hari, Bea Cukai Tegal Lancarkan Dua Penindakan Rokok Ilegal

Bea Cukai Tegal menunjukkan komitmennya dalam memberantas peredaran rokok ilegal dengan melaksanakan dua penindakan besar pada Selasa, 12 September 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 September 2024