Detik-detik 3 Pekerja Galian di Cibubur Nyaris Tewas Terkubur Tanah Longsor

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Ary Syam Indradi.
Sumber :
  • ANTARA/Ilham Kausar

Jakarta, VIVA -- Kecelakaan kerja menimpa para pekerja proyek galian tanah gorong-gorong di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Tiga pekerja sempat tertimbun tanah longsor. Beruntung nyawa mereka tidak sampai melayang.

Milenial dan Gen Z Wajib Tahu! Ini 3 Soft Skill yang Bikin Pekerja Bernilai di Mata Perusahaan

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Ary Syam Indradi mengatakan, kejadiannya kemarin siang. Adapun proyek itu merupakan galian saluran air di Jalan SMP 147, Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur.

"Awal kejadian berdasarkan keterangan dari saksi satu, proyek penggalian gorong-gorong dalam 4 meter, panjang 9 meter, diameter gorong-gorong 1,5 meter berbentuk kotak," ujar dia, Kamis, 24 Oktober 2024.

Dongkrak Kompetensi Tenaga Kerja, IDSurvey Gelar Program Sertifikasi Juru Las

Ilustrasi garis polisi.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Total ada delapan pekerja yang bertugas mengerjakan proyek itu. Semua berjalan lancar sampai pada saat penggalian hampir rampung, tiga pekerja masuk ke gorong-gorong lalu tanah galian longsor.

Syarat Mencairkan Dana JKP Usai Terkena PHK, Simak Cara Klaimnya

"Saat ketiga orang masuk ke gorong-gorong, tanahnya longsor dan menimpa ketiga korban hingga tertimbun sepinggang korban," katanya.

Lebih lanjut, mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan itu menambahkan, para korban pun langsung berteriak meminta tolong. Untungnya, mereka berhasil diselamatkan lalu dilarikan ke rumah sakit.

"Setelah selesai berobat, ketiga korban pulang ke Bandung yang diantar oleh mandor. Keterangan saksi bahwa kondisi ketiga korban tidak ada yang luka, hanya lemas dan trauma," katanya.

Ilustrasi pengusaha muda.

Apindo Tegas Tolak Aturan Restriktif Kemenkes, BGS Janji Akan Tampung Masukan Pengusaha

Apindo mendesak agar proses penyusunan dan pelaksanaan PP 28/2024 maupun RPMK lebih terbuka dan melibatkan pelaku usaha tembakau dan turunannya.

img_title
VIVA.co.id
22 Oktober 2024