RK Bakal Kasih Dana Hibah Rp20 Juta untuk Renovasi Rumah Kumuh di Jakarta

Cagub-cawagub Jakarta nomor urut 01, Ridwan Kamil dan Suswono di Kantor DPD Partai Golkar, Jakarta Pusat, Senin, 30 September 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta VIVA – Pasangan calon gubernur (cagub)-calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta nomor urut 01, Ridwan Kamil (RK dan Suswono berjanji akan memberikan dana sebesar Rp20 juta untuk renovasi rumah kumuh di Jakarta. 

Begini Cara Irjen Dedi Jaga Nyawa Anggota Polri yang Bertugas Amankan Pilkada

Hal itu diungkapkan Ridwan Kamil usai melakukan pertemuan dengan anggota legislatif di Kantor DPD Partai Golkar, Jakarta Pusat, Senin, 30 September 2024. 

RK menyebutkan, upaya dana hibah tersebut bagian dari mengatasi wilayah kumuh di Jakarta, sebagaimana mandat dari eks Gubernur Jakarta dan tokoh nasional lainnya.

Ridwan Kamil: Boleh Bully Saya Sesuka Hati, Tapi Jangan Keluarga Apalagi Anak Saya

Cagub dan cawagub Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono deklarasi pemilu damai

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

"Ya, salah satu pesan dari Pak JK, pesan dari Pak Sutiyoso, utamanya Pak Prabowo, tolong beresin kekumuhan. Nanti programnya banyak lah ya, salah satunya ada dana hibah renovasi rumah," kata RK kepada wartawan. 

Soal Persiapan Debat, RK: Saya dan Pak Suswono Sudah Latihan, Ada Briefnya

RK kemudian bercerita bagaimana dulu pengalamannya sebagai Gubernur Jawa Barat dalam mengatasi pemukiman kumuh dengan bantuan dana hibah renovasi.

"Kalau zaman Gubernur Jawa Barat saya ngasih Rp20 jutaan per rumah jadi bilik, jadi tembok. Dari jelek jadi bagus, Jakarta mungkin lebih mahal angkanya, sedang dihitung tapi program itu pasti ada bedanya," ujarnya.

RK mengklaim anggaran untuk renovasi rumah kumuh bisa jadi lebih dari Rp20 juta untuk Jakarta, hal ini dikarenakan ada penyesuaian lokasi.

"Kalau di kampung saya (Jawa Barat) dulu satu lantai, kalau di sini mungkin tanah mahal kita naik dua lantai. Jadi program kekumuhan itu tidak selalu jadi rusun ya, tolong dicatat ya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya