Senangnya Anak SMP di Jaksel Ini Dapat Makan Bergizi Gratis Program Prabowo-Gibran

Siswa SMPN 161 Jaksel Dapat Makan Siang Gratis
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta, VIVA - Siswa dan siswi Sekolah Menengah Pertama  atau SMP Negeri 161Jakarta, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, nampak sumringah saat menerima makanan siang gratis saat sosialisasi program makan bergizi gratis Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka.

Surya Paloh Minta Prabowo Prioritaskan Parpol Pendukung untuk Kursi Menteri, Nasdem di Ujung Saja

Salah satunya adalah siswa kelas 7H SMPN tersebut yang bernama Dzaki Fahrezi. Dirinya menyebut kalau makan siang gratis yang diterima ini komplit. Di dalam kotak ada nasi dengan ayam, tempe, sayur capcay dan pisang. Tidak ketinggalan ada sekotak susu.

"Aku merasa senang soalnya mendapatkan makanan ini untuk memenuhi gizi. Sangat komplit (lauk-pauknya)," ujar dia, Kamis 19 September 2024.

DPR Sahkan APBN Pemerintahan Prabowo di 2025 Capai Rp 3.621 Triliun

Hal serupa juga dikatakan teman sekelas dari Dzaki yang bernama Malika. Dia mengaku biasanya membawa bekal. Namun, untuk hari ini dirinya tidak bawa bekal buatan ibunya. Sebab, pihak sekolah sudah memberitahu informasi itu ke orangtuanya.

"Biasanya bawa bekal dari rumah, mama sudah tahu hari ini akan ada makan bergizi gratis, jadi tidak disiapkan bekal. Biasanya kalau bekal itu sama nuget, ini (makan gratis) sudah ada ayamnya, tempe, sayur, sama pisang. Enak," kata Malika.

Prabowo Subianto Batal Hadir di Rapimnas PKS

Kepala Suku Dinas (Sudin) Pendidikan 1 Kota Administrasi Jakarta Selatan, Sarwoko, menyambut positif hal ini, apalagi pihak swasta ada andil dalam mensosialisasikan program tersebut. Kata dia, sosialisasi makan siang gratis baru pertama kali digelar di wilayahnya. Dia menyebut, makanan yang diberi telah dicek petugas kesehatan dan dijamin higienis.

"Ini sangat positif, ini kan termasuk uji coba ya. Artinya dengan adanya kepedulian dari CSR untuk memberikan makanan bergizi gratis sangat bagus," ucap Sarwoko.

Sementara itu, pihak swasta dalam hal ini Direktur Utama PT Jaxer Sumitra Nusantara yang membawahi QRUPI, Ansari Kadir mengatakan, program ini bertujuan guna menurunkan angka stunting di Tanah Air dan menciptakan generasi muda yang unggul dan kompeten. Katanya, QRUPI jadi solusi dalam pengawasan jalannya pembagian makan gratis bergizi bagai anak sekolah.

"Adanya QRUPI ini sebagai solusi untuk mengawasi serta memonitoring pembagian makanan bergizi gratis, mempermudah guru, mempermudah orang tua untuk memantau, hingga mempermudah dinas terkait dalam memonitoring," kata Ansari.

Lebih lanjut dia mengatakan, tidak cuma memonitoring kelancaran program makan siang gratis, Arie mengatakan kalau sistem QRUPI pun bisa membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memudahkan guru dan orangtua dalam memantau perkembangan anak didik, hingga membantu mengatasi masalah klasik pelajar seperti kedisiplinan saat proses pembelajaran.

"QRUPI merupakan inovasi penting dalam dunia pendidikan Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memudahkan proses pembelajaran," ujarnya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya