PDIP Ungkap 3 Alasan Utama Konsisten Usulkan Heru Budi Jadi Pj Gubernur Jakarta

Anggota Fraksi PDIP DPRD Jakarta, Rio Dwi Sambodo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta, VIVA – Fraksi PDIP Jakarta menjadi satu-satunya fraksi yang mengusulkan nama Heru Budi untuk lanjut menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta. Anggota Fraksi PDIP, Rio Dwi Sambodo mengungkapkan bahwa Heru Budi dapat melanjutkan program-program di Jakarta.

RK Ogah Komentar soal Heru Budi Tak Diusulkan Jadi PJ Gubernur Jakarta

"Kami dari Fraksi PDIP mendukung bapak Heru Budi Hartono, Sekda DKI Joko Agus Setyono, dan bapak Marullah Matali. Kami kan melihatnya objektif, berkaitan dengan kebutuhan Pj Gubernur yang berikutnya. Kami juga memiliki obsesi untuk berkelanjutan," kata Rio kepada wartawan di Gedung DPRD Jakarta, Jumat, 13 September 2024. 

Di sisi lain, Rio mengaku tak mempermasalahkan jika seluruh fraksi partai lain tak mengusulkan Heru Budi. Ia menjelaskan ada tiga hal yang dipertimbangkan oleh PDIP mengusulkan Heru Budi.

PDIP: UU KPK Lahir di Zaman Pemerintahan Ibu Megawati, Itu Fakta Sejarah

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat berkunjung ke Pasar Pramuka.

Photo :
  • ANTARA/Lia Wanadriani Santosa

"Kalau enggak diajak sih itu urusan lain. Tapi yang pasti saya sampaikan tiga hal utama, sosok interaksi pembangunan, aspek keberlanjutan dan aspek transisi pemerintahan daerah," katanya. 

PDIP Dukung Rencana Prabowo Bentuk Kabinet Zaken yang Diisi Kader Parpol

Rio mengaku komunikasi PDIP dengan KIM Plus masih cukup baik, termasuk dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). "Komunikasi oke-oke saja, biasa saja, tadi sebelum rapat juga sempat berbincang dengan kawan PKS. Paling enggak, kami memiliki otoritas masing-masing," ujarnya.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jakarta kembali menggelar rapat untuk membahas pengganti penjabat (Pj) gubernur DKI Jakarta pada Jumat, 13 September 2024.

Dalam rapat tersebut seluruh fraksi partai menyampaikan jagoannya kepada Pimpinan Sementara DPRD Jakarta. Mayoritas seluruh fraksi mengusulkan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Teguh Setyabudi. 

Sebanyak delapan fraksi mengusulkan Teguh, di antaranya yaitu PKS, Gerindra, Golkar, PKB-PPP, PAN, Demokrat-Perindo, PSI dan Nasdem.

Nama kedua yang paling banyak diusulkan dari fraksi tersebut ialah Pj Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik. Ia diusulkan oleh PKS, Gerindra, Golkar, PKB-PPP, PAN, Demokrat-Perindo, dan PSI.

Urutan ketiga, ada nama Plt Sekjen Kemendagri, Tomsi Tohir. Ia diusulkan oleh Gerindra, Golkar, PKB-PPP, PAN, Demokrat-Perindo, PSI dan Nasdem.

Berikut daftar lengkap nama yang diusulkan seluruh fraksi di DPRD Jakarta:

PKS:
1. Dr. Teguh Setyabudi
2. Komjen Purn Rudi Sufahriyadi
3. Dr. Akmal Malik

PDIP:
1. Drs. Heru Budi Hartono
2. Joko Agus Setiyono
3. Dr. Marullah Matali

Gerindra:
1. Dr. Teguh Setyabudi
2. Tomsi Tohir
3. Akmal Malik

Golkar:
1. Dr. Teguh Setyabudi
2. Komjen Pol Tomsi Tohir
3. Prof. Akmal Malik

PKB dan PPP:
1. Dr. Teguh Setyabudi
2. Komjen Pol Tomsi Tohir
3. Akmal Malik

PAN:
1. Dr. Teguh Setyabudi
2. Komjen Pol Tomsi Tohir
3. Akmal Malik

Demokrat dan Perindo:
1. Dr. Teguh Setyabudi
2. Komjen Pol Tomsi Tohir
3. Akmal Malik

PSI:
1. Komjen Pol Tomsi Tohir
2. Teguh Setyabudi
3. Akmal Malik

NasDem:
1. Joko Agus Setyono
2. Teguh Setyabudi
3. Tomsi Tohir

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya