Umat Katolik Sambut Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia: Seperti Kedatangan Tamu dari Surga

Nini 58 tahun warga asal Bintaro yang datang melihat Paus Fransiskus di Kedubes Vatikan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta, VIVA – Paus Fransiskus telah tiba di Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan RI di Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa 3 September 2024. Warga sekitaran Jakarta pun menyambut bauk kedatangan Paus Fransiskus.

Jadi Jaminan Keamanan Penerbangan Paus Fransiskus ke Papua Nugini, Dirut Garuda: Ada Obrolan Rahasia

Stefan Handoyo (56), yang merupakan salah satu warga Jakarta mengatakan, dengan datangnya Paus Fransiskus ke Jakarta laiknya kedatangan tamu dari surga.

"Bagi saya orang Katolik dan umat Katolik di Jakarta, saya kira ini seperti menerima tamu dari surga. Jadi bagi umat katolik ini hal yang luar biasa dan sangat membanggakan, juga sekaligus kita merasa terenyuh," ujar Stefan di depan Kedubes Vatikan RI, Selasa 3 September 2024.

Kunjungi Singapura, Paus Fransiskus Serukan Gaji Layak untuk Para Pekerja Migran

YM Paus Fransiskus tiba di Indonesia , sumber foto : Youtube KOMSOS KWI

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Ia juga berharap kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia bisa membuat perdamaian dari segala suku hingga agama di seluruh dunia. Stefan datang ke depan Kedubes Vatikan bersama istri hingga koleganya.

Momen Kunjungan Paus Fransiskus Makin Sempurna dengan Bantuan Teknologi AR

"Saya pribadi saya berharap dari kedatangan Paus ini bisa membawa perdamaian, terutama bukan hanya kita warga Indonesia dari segala macam suku, agama, dan latar belakang, tapi juga perdamaian di dunia," ucap dia.

Sementara itu, warga lainnya yakni Nini (58) mengungkapkan rasa senangnya atas kedatangan Paus Fransiskus. Ia sangat antusias karena turut membawa bendera berukuran kecil yakni negara Vatikan dan Indonesia.

"Sangat excited bisa melihat langsung biar pun hanya dadah-dadah rasanya aaa sangat terharu dan bangga paus bisa ke sini," kata Nini di lokasi.

Perempuan paruh baya asal Bintaro, Tangerang itu mengatakan bahwa dirinya sebelumnya sempat melihat Paus Fransiskus di negara lain. Tetapi, kini dia justru melihat Paus langsung di Indonesia.

"Kalau di sini saya bener-bener pengen welcoming karena kami gak dapet jatah ke GBK jadi bela-belain dateng di sini dan bahagia banget," tuturnya.

Paus Fransiskus telah tiba di Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan RI di Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa 3 September 2024. Paus tiba bersama rombongan.

Berdasarkan pantauan, Paus bersama dengan rombongan delegasi Vatikan tiba di Kedubes Vatikan sekira pukul 12.25 WIB. Paus tiba dengan menaiki mobil Toyota Innova Zenix berwarna putih.

Arus lalu lintas sempat ditutup ketika Paus Fransiskus bersama rombongan tiba di Kedubes Vatikan.

Paus di dalam mobil tampak memberikan salam namaste. Sejumlah warga yang turut mendatangi Kedubes Vatikan turut meneriaki Paus Fransiskus dari jarak di sebrang jalan.

"Bapak, halo bapak," terikan warga saat Paus tiba di Kedubes Vatikan.

Kini, Paus bersama rombongan delegasi telah masuk ke dalam Kedubes Vatikan. Mereka tidak turun dari mobil untuk menyapa, mereka hanya menyapa dari dalam mobil.

Sekadar informasi, Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Ada sederet agenda yang akan dilakukan Paus dalam perjalanan apostoliknya di Jakarta.

Paus Fransiskus adalah paus ketiga yang berkunjung ke Indonesia. Pertama adalah Paus Santo Paulus VI yang berkunjung pada 3-4 Desember 1970. 

19 tahun kemudian, Paus Santo Yohanes Paulus II berkunjung ke Indonesia pada 9-14 Oktober 1989. Sesudah 35 tahun berselang, giliran Paus Fransiskus yang melakukan perjalanan apostolik ke Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya