Pengamanan Siaga di Kedubes Vatikan Jelang Kedatangan Paus Fransiskus

Kedubes Vatikan di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

Jakarta, VIVA – Paus Fransiskus rencananya akan menginap di Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan di Jakarta Pusat selama kunjungan ke Indonesia. Sejumlah petugas kepolisian pun sudah sigap menjaga keamanan di sekitaran Kedubes Vatikan RI.

Jadi Jaminan Keamanan Penerbangan Paus Fransiskus ke Papua Nugini, Dirut Garuda: Ada Obrolan Rahasia

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, puluhan petugas kepolisian sudah sigap berjaga di depan Kedubes Vatikan. Mereka semua berjaga di sebrang jalan Kedubes hingga sekeliling Kedubes Vatikan.

Pengamanan di Kedubes Vatikan di Jakarta

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana
Kunjungi Singapura, Paus Fransiskus Serukan Gaji Layak untuk Para Pekerja Migran

Bahkan, terlihat juga sejumlah anggota TNI yang berjaga. Kemudian, di depan pintu gerbang Kedubes Vatikan dijaga oleh petugas keamanan hingga Polisi Militer (PM).

"Tentu kami akan melakukan pengamanan tentu tidak sampai mengganggu rute rangkaian kebesaran dr bapak suci sehingga kami akan melakukan penguraian kepada massa yg akan datang ke lokasi ini," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan di lokasi, Selasa 3 September 2024.

Momen Kunjungan Paus Fransiskus Makin Sempurna dengan Bantuan Teknologi AR

Arus lalu lintas di lokasi saat ini masih lancar. Belum nampak ada rekayasa lalu lintas jelang kedatangan Paus Fransiskus di Kedubes Vatikan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sambutan selamat datang kepada Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus dalam kunjungannya ke Indonesia pada 3-6 September 2024. 

Jokowi menyambut hangat kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia, dan atas nama rakyat Indonesia mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang teramat mulia Paus Fransiskus ke Indonesia.

"Selamat datang yang teramat mulia Sri Paus Fransiskus ke Indonesia," kata Presiden Jokowi dalam keterangannya yang disampaikan di Istana Merdeka Jakarta, Selasa, 3 September 2024.

Jokowi mengaku baru saja melaksanakan rapat terakhir bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo di Istana Merdeka pada Selasa.

Rapat tersebut guna membahas persiapan ketibaan Paus Fransiskus di Indonesia pada Selasa yang diperkirakan pada pukul 11.30 WIB, melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.

Presiden Jokowi menilai kunjungan Paus Fransiskus merupakan kunjungan yang sangat bersejarah, dan sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu, namun sempat tertunda karena pandemi COVID-19.

"Dan merupakan kunjungan ketiga setelah kunjungan yang teramat mulia Paus Paulus Ke-7 pada 1970, dan kunjungan yang teramat mulia Paus Yohannes Paulus Ke-2 Tahun 1989," tutur Presiden.

Selama empat hari kunjungannya, Kepala Negara mengatakan Sri Paus Fransiskus akan melakukan pertemuan kenegaraan, pertemuan dengan korps diplomatik dan wakil masyarakat, serta tokoh lintas agama di Istiqlal.

Paus juga akan memimpin Misa Suci Akbar Paus Fransiskus di Gelora Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis, 5 September 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya