Pengamanan Khusus Bakal Diterapkan saat Misa Akbar Paus Fransiskus di Kawasan GBK pada 5 September

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace Simbolon

Jakarta, VIVA - Pengamanan khsusus bakal dilakukan di kawasan sekitar GBK, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada tanggal 5 September.

Rumah Mewah di Tangerang Dibobol Maling saat Pemiliknya Liburan, Uang Ratusan Juta hingga Emas Raib

Hal itu karena ada misa akbar yang dipimpin Paus Fransiskus. Bukan cuma itu, ada kegiatan ISF (Indonesian Sustainability Forum) pula di sana pada hari yang sama.

"Khusus tanggal 5, sekitar GBK ini kami perlakukan khusus," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman, Jumat, 30 Agustus 2024.

Kata Kombes Bambang soal Viral Polisi Terima 'Salam Tempel' saat Mau Tilang Pemotor

Ilustrasi SUGBK

Photo :
  • VIVA / Rizkya Fajarani

Selain karena adanya dua agenda internasional saat itu, pengunjung yang diperkirakan datang ke misa akbar diprediksi cukup banyak. Jumlahnya disebut Latif sekitar seratus ribuan. Maka dari itulah dilakukan pengamanan setingkat kepala negara di sana.

Polisi Diperbanyak Berjaga di Monas hingga Ancol Long Weekend Ini, Ada Apa?

"Karena pengunjung itu ada sekitar 100 ribu pengunjung daripada umat Katolik yang akan ikut misa bersama Paus Fransiskus," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengatakan beberapa ruas jalan bakal ditutup saat rencana kunjungan kenegaraan Paus Fransiskus ke Jakarta.

"Penutupan jalan beberapa ruas jalan yang akan dilewati. Seperti dari Bandara menuju Dubes Vatikan. Berarti, jalur yang akan dilewati akan ditutup," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman, Jumat, 30 Agustus 2024.

Untuk diketahui, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengumumkan rencana kunjungan kenegaraan Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada awal September 2024. 

Heru mengatakan, kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta akan berlangsung pada 3 hingga 6 September 2024. "Tanggal 3, 4, 5, dan 6 ada kedatangan tamu negara yaitu Yang Mulia Paus Fransiskus di mana tanggal 3 kedatangan, tanggal 4 adalah kegiatan kenegaraan diterima oleh Bapak Presiden, nanti detailnya Pak KPN yang menyampaikan," kata Heru dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 26 Agustus 2024.

Lebih jauh, Heru menjelaskan bahwa terdapat sejumlah kegiatan seperti Misa Akbar di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) dan Indonesia Sustainability Forum (ISF) di Jakarta Convention Center (JCC) yang akan digelar pada 5 September 2024 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya