Catat, Ini Pengalihan Rute saat Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK

Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023
Sumber :
  • AP Photo/Gregorio Borgia

Jakarta, VIVA – Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta mengalihkan sejumlah rute di sekitar kawasan Gelora Bung Karno (GBK) pada saat Misa Akbar yang dipimpin oleh Paus Fransiskus pada 5 September 2024 mendatang.  Pengalihan rute itu bertujuan untuk mencegah kemacetan lalu lintas saat acara Misa Akbar berlangsung di sekitar kawasan Senayan.

Jadi Jaminan Keamanan Penerbangan Paus Fransiskus ke Papua Nugini, Dirut Garuda: Ada Obrolan Rahasia

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan rute-rute alternatif bagi masyarakat agar bisa menghindari jalan sekitar GBK pada 5 September 2024.

"Bagi yang terbiasa menggunakan sejumlah ruas di sekitar Senayan seperti Jl. Jenderal Sudirman, Gatot Subroto hingga ke Gerbang Pemuda dan Jl. Asia Afrika, diimbau agar menghindari jalur-jalur tersebut," ujar Syafrin dikutip dari laman resmi Portal Informasi Indonesia, Kamis, 29 Agustus 2024.

Kunjungi Singapura, Paus Fransiskus Serukan Gaji Layak untuk Para Pekerja Migran

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Ia menyebut, pengguna jalan yang datang dari arah selatan menuju utara dapat melalui Jl Kebayoran Baru lalu masuk ke Jl Arteri Pondok Indah, selanjutnya berputar dan masuk ke Jl Teuku Arif dan menuju ke Jl Tentara Pelajar terus ke kawasan Pejompongan, Jl Wahid Hasyim, dan Jl Mas Mansyur.

Momen Kunjungan Paus Fransiskus Makin Sempurna dengan Bantuan Teknologi AR

Kemudian, rute lain yang dapat ditempuh sebagai alternatif menghindari kawasan Senayan adalah melalui Jl Kapten Tendean menuju kawasan Kuningan melewati Jl H.R Rasuna Said.

Syafrin mengimbau agar masyarakat yang tidak berkegiatan di kawasan Senayan, agar menghindari jalan di sana selama misa akbar dan perhelatan ISF berlangsung.

"Kami mengimbau kepada peserta misa akbar di Gelora Bung Karno Senayan agar menggunakan angkutan umum. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambah jumlah armada bus Transjakarta di sejumlah rute mengarah ke lokasi misa akbar untuk dimanfaatkan oleh masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta, Heru Budi Hartono mengimbau masyarakat untuk menerapkan Work From Home (WFH) secara mandiri. Ia meminta masyarakat mencermati kemungkinan kepadatan lalu lintas yang timbul saat misa akbar bersama Paus Fransiskus. 

(Ilustrasi) Penutupan jalan

Photo :
  • VIVA/Willibrodus (Jakarta)

Terlebih, pada hari yang sama terdapat agenda kegiatan besar lainnya di Jakarta Convention Center yang berada di GBK. Yakni International Sustainability Forum (ISF) yang akan dihadiri oleh 5.000 peserta di antaranya kepala negara dan menteri dari sejumlah negara termasuk Utusan Khusus Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Kelautan Peter Thomson.

"Saya mengimbau karena di tanggal 5 September 2024 ada dua kegiatan besar, kami harap masyarakat bisa melihat dan mencermati ini. Sehingga bisa mengambil keputusan untuk melakukan Work From Home (WFH) secara mandiri. Pasti ada kepadatan transportasi dan lalu lintas yang melebihi dari hari biasa. Oleh karena itu masyarakat diimbau mencermati rute-rute untuk menuju ke GBK dan sekitarnya," ujar Heru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya