Rekayasa Lalin hingga Kantung Parkir Disiapkan saat Kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta

Paus Fransiskus
Sumber :

Jakarta, VIVA - Polisi telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas saat rencana kunjungan kenegaraan Paus Fransiskus ke Jakarta.

Jadi Jaminan Keamanan Penerbangan Paus Fransiskus ke Papua Nugini, Dirut Garuda: Ada Obrolan Rahasia

"Jadi, kami dari Direktorat Lalu Lintas juga sudah menyiapkan untuk skema-skema yang akan kami laksanakan, khususnya pada tanggal 5 September nanti ya," ucap Kepala Bagian Operasional Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Dermawan Karosekali, Senin, 26 Agustus 2024.

Paus Fransiskus (Doc: Media Vatikan)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong
Kunjungi Singapura, Paus Fransiskus Serukan Gaji Layak untuk Para Pekerja Migran

Maka dari itu, dia mengimbau bagi masyarakat untuk bisa mencari rute alternatif lain pada hari H nanti. Hal itu agar masyarakat tidak terganggu aktivitasnya dan terjebak kemacetan.

"Namun demikian, kami sudah melakukan atau menyiapkan rekayasa-rekayasa lalin. Kami minta kepada warga masyarakat pada 5 September semaksimal mungkin bisa mencari rute alternatif lain yang dapat digunakan," ujarnya.

Momen Kunjungan Paus Fransiskus Makin Sempurna dengan Bantuan Teknologi AR

Karosekali menambahkan, karena diprediksi kemacetan bakal terjadi, banyak kantung parkir pun telah disiapkan. Lokasinya juga tersebar sehingga tidak terjadi penumpukan.

"Jadi, untuk kantung parkir nanti, untuk diketahui masyarakat ada 1.800 bus yang akan datang ke GBK. Sehingga kantung parkirnya itu akan kami bagi. Ada yang di Kemayoran, ada yang di Cawang, dan TMII," ujar dia lagi.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengumumkan rencana kunjungan kenegaraan Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada awal September 2024. 

Heru mengatakan, kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta akan berlangsung pada 3 hingga 6 September 2024. "Tanggal 3, 4, 5, dan 6 ada kedatangan tamu negara yaitu Yang Mulia Paus Fransiskus di mana tanggal 3 kedatangan, tanggal 4 adalah kegiatan kenegaraan diterima oleh Bapak Presiden, nanti detailnya Pak KPN yang menyampaikan," kata Heru dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 26 Agustus 2024.

Lebih jauh, Heru menjelaskan bahwa terdapat sejumlah kegiatan seperti Misa Akbar di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) dan Indonesia Sustainability Forum (ISF) di Jakarta Convention Center (JCC) yang akan digelar pada 5 September 2024 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya