Titik Awal Sumber Api Kebakaran RSPP Jaksel Terungkap, Kini Sudah Dipadamkan

Insiden kebakaran yang melanda Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) di Jakarta Selatan telah menyebabkan banyak pasien dievakuasi ke halaman rumah sakit.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta, VIVA - Kebakaran yang terjadi di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta Selatan telah berhasil dipadamkan setelah petugas pemadam kebakaran bekerja keras untuk mengatasi insiden tersebut. 

Tempat Penyulingan Tiner di Cilincing Jakut Ludes Terbakar

Kebakaran dilaporkan terjadi di lantai 4 gedung RSPP, tepatnya pada panel listrik yang berada di area ruang perawatan yang sedang dalam proses renovasi.

Menurut keterangan resmi dari Dinas Gulkarmat DKI Jakarta pada Senin, 26 Agustus 2024, kebakaran bermula dari panel listrik yang berada di lantai 4. 

Gugatan Korban Kebakaran Plumpang Dikabulkan, Pertamina Diminta Bayar Ganti Rugi Rp 23,1 M

"Kronologi kebakaran menunjukkan bahwa api berawal dari panel listrik di lantai 4 ruang perawatan yang sedang direnovasi," ungkap pihak Dinas Gulkarmat.

Foto-foto yang diunggah oleh Dinas Gulkarmat DKI Jakarta melalui akun Instagram resmi @humasjakfire memperlihatkan petugas pemadam kebakaran yang tengah melakukan penyemprotan air untuk mencegah api menyala kembali. 

Imbas Kebakaran, Polisi Tutup Sementara Pasar Comboran Kota Malang

Kebakaran dilaporkan terjadi di lantai 4 gedung RSPP, tepatnya pada panel listrik yang berada di area ruang perawatan yang sedang dalam proses renovasi.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Dalam foto-foto tersebut, terlihat bahwa api telah berhasil dipadamkan, namun ruangan yang terbakar dipenuhi dengan kabel-kabel yang berserakan.

Keramik-keramik yang sebelumnya terpasang di dinding ruangan tampak banyak yang terlepas akibat kebakaran. Petugas damkar terlihat mengenakan masker Self Contained Breathing Apparatus (SCBA) untuk melindungi diri dari asap tebal saat melakukan pemadaman.

Operasi pemadaman kebakaran di RSPP Jakarta Selatan dinyatakan selesai pada pukul 15.20 WIB. 

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 20 unit mobil pemadam kebakaran dan 85 personel dikerahkan untuk menangani insiden ini. Kebakaran yang terjadi di lantai 4 ini disebabkan oleh korsleting listrik. 

"Objek kebakaran berada di gedung Rumah Sakit Pusat Pertamina lantai 4, bukan di lantai 6 seperti yang disebutkan sebelumnya," klarifikasi pihak Dinas Gulkarmat.

Dugaan awal mengenai penyebab kebakaran adalah korsleting listrik. Kebakaran ini pertama kali dilaporkan sekitar pukul 13.30 WIB, dan selama insiden terjadi, sejumlah pasien sempat dievakuasi untuk memastikan keselamatan mereka.

Begitu menerima laporan, petugas pemadam kebakaran segera bergerak menuju lokasi kejadian untuk memadamkan api. Sebanyak 15 unit pemadam kebakaran dan 75 personel telah dikerahkan untuk menangani situasi.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, mengonfirmasi bahwa kondisi di RSPP sudah aman dan beberapa pasien telah berhasil dievakuasi. 

"Kondisi saat ini sudah terkendali dengan baik. Beberapa pasien telah dipindahkan dari area terdampak," ungkap Satriadi dalam keterangannya pada Senin, 26 Agustus 2024. 

Sejumlah tenaga kesehatan juga terlihat tengah menyelamatkan pasien instalasi gawat darurat (IGD) dengan mendorong tempat tidur pasien dan kursi roda untuk dipindahkan ke berbagai gedung, termasuk ruang "intensive care unit" (ICU).

Hingga kini, api sudah terlihat padam sehingga para tenaga kesehatan berusaha memindahkan kembali pasien ke gedung IGD.

 .

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya