Ribuan Personel Gabungan Pengamanan Sidang Tahunan MPR Disebar hingga ke Kawasan Patung Kuda

Sidang Tahunan MPR RI, Sidang bersama DPR RI - DPD RI
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta, VIVA – Ribuan personel gabungan dikerahkan untuk mengawal jalannya pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI tahun 2024. Ribuan personel itu disebar di beberapa titik bukan hanya komplek parlemen Senayan saja.

Apresiasi 10 Tahun Jokowi, Masyarakat Dukung dan Sambut Prabowo dengan Harapan Baru

Mereka bakal dikerahkan hingga kawasan Patung Kuda. Hal itu dilakukan guna mengawal rute keberangkatan dan kepulangan Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin dari Istana Negara.

"Pola pengamanan dilakukan di sekitar Gedung DPR MPR, Bundaran HI dan Patung Kuda serta pengamanan rute keberangakatan dan kembali Presiden dari Istana Negara-DPR MPR guna menciptakan kamseltibcarlantas," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Ary Syam Indradi, Jumat, 16 Agustus 2024.

Soal Pertemuan Megawati-Prabowo, Pengamat: Lebih Besar Mudarat daripada Manfaatnya

Presiden Jokowi Pakai Pakaian Adat Betawai di PIDATO KENEGARAAN PRESIDEN RI MPR

Photo :

Sementara, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman menambahkan, untuk jumlah anggota polisi lalu lintas yang dikerahkan demi mengatur agar tak sampai macet sekitar 600 personel. Mereka inilah yang akan melakukan pengamanan rute Presiden dan wakil Presiden.

Jokowi Aims for Balikpapan-IKN Toll Road Completion by Mid-2025

"(Arus lalu lintas) Kami berlakukan situasional untuk memastikan arus lalu lintas lancar. Jumlah personel lantas sekitar 500 sampai 600," ujar Latif.

Sebelumnya, polisi menyiapkan rekayasa pengalihan arus lalin di kawasan Gedung DPR/MPR RI saat pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR-DPD Tahun 2024, Jumat hari ini.

Namun, pengaturan lalin itu bersifat situasional. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman. 

Dalam sidang tahunan MPR, Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka juga turut diundang.

"Rekayasa lalu lintas situasional," ujar dia, Kamis, 15 Agustus 2024.

Berikut ini rekayasa lalu lintas yang disiapkan polisi.

1. Arus lalu lintas dari arah TL Lapangan Tembak menuju Jalan Gatot Subroto diputar balik di kolong sekat 2 atau dialihkan ke tanjakan layang Ladokgi arah Semanggi;

2. Arus lalu lintas dari Tol Dalam Kota yang akan keluar di off ramp Pulau Dua diluruskan ke arah Tol Tomang;

3. Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur menuju Jalan Gelora atau pintu belakang Gedung DPR/MPR RI diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar atau Jalan Permata Hijau;

4. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda menuju Jalan Gelora atau pintu belakang Gedung DPR/MPR RI dibelokkan ke kiri Jalan Asia Afrika;

5. Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika menuju TL Lapangan Tembak dibelokkan ke kanan ke Jalan pintu 1 Senayan atau diputar balikkan di TL Asia Afrika;

6. Arus lalu lintas dari arah Semanggi yang menuju Slipi dialihkan ke kiri di sekat 2 atau Ladokgi ke Jalan Gerbang Pemuda;

7. Arus lalu lintas dari arah Slipi yang menuju Jalan Gerbang Pemuda diluruskan ke arah Semanggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya