PN Depok Sebut Pegawai yang Todong Airsoft Gun ke Tetangga Langgar Kode Etik

Humas PN Depok, Andry Eswin Sugandhi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rinna Purnama (Depok)

Depok, VIVA – DN, pegawai Pengadilan Negeri (PN) Depok yang bersikap seperti koboi mengacungkan senjata ke warga, akhirnya ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka. Sebelumnya dia juga menjalani pemeriksaan internal di PN Depok.

PN Jaksel Sudah Keluarkan SK Tak Pernah Jadi Terdakwa untuk Andika Perkasa dan Anies Baswedan

Humas PN Depok, Andry Eswin Sugandhi mengatakan pemeriksaan internal sudah dilakukan. Tim pemeriksa berkesimpulan bahwa DN terbukti melanggar kode etik ASN sebagaimana Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 Tahun 2021.

“Dalam Pasal 10 ayat (1) huruf E disebutkan bahwa setiap ASN harus menunjukkan integritas dan keteladanan dalam sikap, perilaku, ucapan, dan tindakan kepada setiap orang, baik di dalam maupun di luar kedinasan. Oleh karena itu tim pemeriksa internal melalui Ketua PN Depok merekomendasikan kepada Mahkamah Agung RI agar secara kedinasan DN dijatuhi hukuman,” katanya, Kamis 15 Agustus 2024.

Ahmad Luthfi Urus Berkas Pendaftaran Cagub Jateng di PN Solo

Pengadilan Negeri Depok

Photo :
  • ANTARA/Feru Lantara

Dia mengatakan, DN berstatus sebagai ASN aktif satker PN Depok. DN mulai melaksanakan tugas di PN Depok pada 23 Mei 2022 sebagai Pustakawan Ahli Pertama PN Depok.

Pegawai PN Depok yang Arogan Todong Airsoft Gun ke Warga Ditangkap

“Pegawai koboi yang saat ini sedang viral adalah benar merupakan ASN aktif satker PN Depok. Dari hasil pemeriksaan internal terungkap bahwa kejadian yang ada dalam vidio viral tersebut terjadi pada hari Sabtu sore tanggal 10 Agustus  2024 di Perumahan Pondok Petir Residence, Bojongsari, Depok,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan internal disebutkan sebelumnya terjadi selisih paham antar warga soal pembongkaran bangunan saung yang menempel di dinding belakang rumahnya. Barang yang digunakan oleh DN untuk mengintimidasi sebagaimana dalam rekaman vidio viral tersebut, bukanlah senjata api, melainkan airsoft gun yang terbuat dari besi dan terdapat gas.

“Menurut pengakuan DN, airsoft gun tersebut didapat dari pemberian kawannya dan airsoft gun tersebut biasa digunakannya untuk kegiatan berolahraga, karena DN tergabung dalam Jatayu Airsoft Gun Club. Namun kartu anggota Jatayu Airsoft Gun Club yang dimiliki DN saat ini sudah tidak aktif lagi atau sudah melewati batas waktu. Yang mana hal ini tertera pada kartu anggota Jatayu Airsoft Gun Club milik DN tersebut aktif sampai dengan tahun 2013,” ujarnya.

Untuk persoalan hukum yang dilakukan DN, PN Depok menyerahkan seluruh proses hukumnya kepada pihak kepolisian. Saat ini DN sudah ditetapkan sebagai tersangka dan sedang diamankan di Polres Metro Depok.

“PN Depok menyayangkan kejadian tersebut. Atas kejadian dalam vidio viral tersebut, pimpinan PN Depok beserta jajaran pejabat pada PN Depok serta segenap pegawai meminta maaf kepada masyarakat atas sikap dan prilaku DN. Walaupun hal tersebut dilakukan DN di luar daripada jam dinas atas nama pribadi serta dalam video tersebut DN juga tidak pernah mengatakan sepatah katapun bahwa yang bersangkutan sebagai pegawai PN Depok,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya