Irjen Karyoto soal Pilkada: Hal Wajar, Tidak Perlu Dukung Berlebihan

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rinna Purnama (Depok)

Jakarta, VIVA - Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto mengajak masyarakat agar bijak dalam menghadapi Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) 2024. Masyarakat diajak tak berlebihan mendukung sampai berujung terjadi hal yang tak diinginkan.

Pembangunan Tak Berjalan jika Kotak Kosong Menang, Menurut Rumah Demokrasi

"Pemilu adalah hal yang wajar, biasa. Transformasi kepemimpinan, mempunyai hak suara dan tidak perlu di bawah saling membela atau mendukung dengan cara-cara yang berlebihan," ucap dia, Kamis, 15 Agustus 2024.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto.

Photo :
  • Viva.co.id/ Yeni Lestari
Indikator Politik: Elektabilitas Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan Unggul di Pilgub Jabar

Pihaknya dan stakeholder terkait siap memastikan Pilkada di wilayah hukumnya lancar lewat Operasi Mantap Praja 2024. Masyarakat diajak menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat bersama-sama.

"Mudah-mudahan dengan cara kolaborasi dan sinergitas yang telah kami laksanakan secara bersama- sama, semua stakeholder ya bisa lebih mantap pada pelaksanaan Pemilukada serentak 2024," kata dia. 

Soal Dukung RK atau Pramono di Pilkada Jakarta, Sutiyoso: Enggak Ada yang Saya Pilih

Dirinya meminta semua personel yang bertugas dalam operasi Mantap Praja 2024 memetakan seluruh bentuk kerawanan. Pun dalam mengantisipasi potensi konflik pada setiap daerah.

"Bagi wilayah yang terbilang kerawanan tinggi dan sangat rawan, segera lakukan langkah antisipasi. Sedangkan bagi wilayah lainnya, jangan underestimate, dengan tetap mempersiapkan pengamanan sebanyak mungkin, terus lakukan mapping potensi konflik sosial secara detail di wilayahnya masing-masing, dan selesaikan potensi konflik tersebut hingga ke akar masalah," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, apel gelar pasukan mandiri kewilayahan Operasi Mantap Praja Jaya 2024 dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di wilayah hukum Polda Metro Jaya, digelar hari ini.

Dalam amanatnya selaku inspektur upacara, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto menyebut Operasi Mantap Praja 2024 dilaksanakan selama 140 hari mulai tanggal 14 Agustus sampai 31 Desember 2024.

“Dengan melibatkan sejumlah 88.375 personel yang mana terdiri dari 6.991 personel TNI, 17.448 personel Polri, serta didukung oleh 63.936 personel Linmas,” kata dia, Selasa, 13 Agustus 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya