Kirab Bendera Pusaka Monas-Halim 14 Km Libatkan 180 Abang None hingga Purna Paskibraka

Mobil Taktis 'Maung' Iring-iringan Kirab Bendera Merah Putih dari Monas ke IKN
Sumber :
  • Antara

Jakarta, VIVA – Kirab bendera pusaka dan teks proklamasi dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia dari Monumen Nasional (Monas) ke Halim Perdana Kusuma melibatkan 180 Abang-None dari DKI Jakarta. Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana.

KBKM Inspirasi Anak Muda Lewat Inovasi Sainstek Berbasis Kebudayaan

Kata dia, kirab dipimpin oleh Kasetpres, kemudian melibatkan sekitar 180 Abang-None dari DKI Jakarta. Lalu, 122 purna Paskibraka Provinsi DKI Jakarta, dan juga melibatkan dari siswa-sisiwi IPDN maupun politeknik serta Pamong Praja.

"Semua dilibatkan termasuk juga kesenian juga kearifan lokal tentu akan kita angkat untuk mengiringi kirab duplikat bendera sang merah putih dan teks proklamasi," ujarnya, Sabtu, 10 Agustus 2024.

Mengenal Maung Tangguh, Kendaraan Taktis Besutan Prabowo di Kirab Bendera Pusaka Menuju IKN

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana

Photo :
  • ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Dia menjelaskan, yang beda dalam kirab kali ini adalah rute. Sebab, biasanya diselenggarakan dari Monas ke Istana Merdeka. Untuk kirab kali ini, lanjutnya, kurang lebih estimasi perjalanan 1 jam 15 menit dengan jarak tempuh kira-kira 14 kilometer.

Kisah Kirab Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi di IKN, Warga: Ini Sejarah

"Tapi, kali ini kita akan menciptakan sejarah karena diselenggarakan kirab tersebut dari Monumen Nasional menuju ke Ibukota Nusantara. Dari Monas kita akan melakukan perjalanan ke Halim Perdanakusuma melewati Patung Kuda, Jalan Thamrin, kemudian bundaran HI lalu Semanggi terus sampai dengan Halim Perdana Kusuma," ujar dia lagi.

Sementara itu, dari Polda Metro Jaya sendiri juga menerjunkan lebih dari 700 personel guna ikut mengawal kirab hari ini. Hal itu dilakukan supaya membantu agar jalannya kirab bisa lancar tanpa adanya gangguan. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Ary Syam Indradi mengungkap, total ada 783 personel yang dikerahkan.

"Untuk Pam kirab total personel 783 dari Polda dan Polres Jakpus," kata Ade Ary.

Prosesi Kirab Sang Merah Putih dan Teks Proklamasi dari Jakarta ke IKN

Ada Kirab Pengembalian Duplikat Bendera Pusaka Siang Ini dari IKN ke Jakarta, Hindari Kawasan Monas

Kirab pengembalian duplikat bendera Merah Putih dan naskah Proklamasi dari Ibu Kota Nusantara (IKN) ke Monumen Nasional (Monas), Jakarta, sabtu siang

img_title
VIVA.co.id
31 Agustus 2024