TPS Ilegal di Tigaraksa Terbakar, Asap Kepung Kawasan Protokol Pemkab Tangerang

Petugas melakukan pemadaman pada lokasi kebakaran tempat pembuangan sampah ilegal
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - Tempat pembuangan sampah (TPS) ilegal di Kampung Bugel, Kelurahan Kaduagung, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, kembali terbakar, Senin, 29 Juli 2024.

Waspada Megathrust, BPBD DKI Imbau Warga Siapkan 'Emergency Bag' dan Uang Tunai

Akibatnya, kepulan asap pekat memenuhi kawasan setempat dan jalur protokol Pemerintah Kabupaten Tangerang. Hal ini menyebabkan gangguan penglihatan dan pernapasan pada pengguna jalan setempat, serta pengendara.

Kepala BPBD Kabupaten Tangerang, Ujat Sudrajat mengatakan, luas lahan sekitar 2.000 meter ini terbakar. Lahan tersebut merupakan tempat pembuangan sampah. "Kami dapat laporan ada kebakaran di lahan seluas 2 ribu meter, di sana yang terbakar adalah tumpukan sampah," katanya.

BNPB: 81 Warga Luka-luka Akibat Gempa Magnitudo 5 di Kabupaten Bandung

Ilustrasi kebakaran

Photo :
  • VIVA.co.id/ Willibrodus

Dia mengatakan, sebanyak 1 unit mobil pemadam kebakaran dengan 5 petugas damkar diterjunkan ke lokasi. "Sebanyak satu unit mobil damkar diterjunkan ke lokasi, yang mana saat ini kondisi sudah padam, namun masih kita pantau, khawatir muncul titik api kembali," ujarnya.

Heru Budi: 61,12 Persen Kebakaran di Jakarta pada 2024 karena Korsleting Listrik

Sementara itu, Camat Tigaraksa, Cucu Abdurrosyid menambahkan, tumpukan sampah itu diduga dibakar oleh oknum yang mengelola sampah pada lahan tersebut.

"Kemarin (Jumat, 26 Juli 2024) tumpukan sampah ini sudah terbakar dan sudah padam. Kemudian, sekarang saya kembali mendapat laporan bahwa ada asap yang berasal dari tumpukan sampah di sini (Kampung Bugel),” ujarnya.

“Saat dicek di lokasi, benar saja bahwa tumpukan sampah di titik yang baru, terbakar dan menyebabkan asap pekat menyebar di sekitar wilayah Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang tersebut," katanya menambahkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, pihak kecamatan dan instansi terkait melakukan penanganan lebih terkait mengatasi tumpukan sampah tersebut. 

Lokasi TPSA Bagendung, Cilegon, Terbakar

Kebakaran TPSA Bagendung Cilegon Sudah 3 Hari Belum Padam, Warga Diminta Gunakan Masker

Pernapasan dan aktifitas masyarakat terganggu, akibat terbakarnya Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung di Kota Cilegon, Banten, sejak Senin, 16 September 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 September 2024